Contoh Surat Nikah Siri

Contoh Surat Nikah Siri

Nikah siri adalah pernikahan yang tidak tercatat secara resmi di Kantor Urusan Agama (KUA). Pernikahan ini biasanya dilakukan secara tertutup dan hanya dihadiri oleh orang-orang terdekat.

Meskipun tidak tercatat secara resmi di negara, nikah siri tetap dianggap sah menurut agama. Oleh karena itu, pasangan yang menikah siri perlu memiliki bukti pernikahan, salah satunya adalah surat nikah siri.

Surat nikah siri adalah surat keterangan yang menyatakan bahwa dua orang telah menikah secara agama. Surat ini dapat dikeluarkan oleh seorang ustadz atau tokoh agama yang memiliki kewenangan untuk menikahkan.

Surat nikah siri biasanya berisi informasi berikut:

  • Nama dan tempat tinggal kedua pasangan
  • Tanggal dan tempat pernikahan
  • Saksi-saksi pernikahan
  • Pernyataan bahwa kedua pasangan telah sah sebagai suami istri

Berikut adalah contoh surat nikah siri:

SURAT KETERANGAN NIKAH SIRI Nomor: 001/SKT/2023 Yang bertanda tangan di bawah ini, Nama: [Nama Ustadz] Tempat/Tanggal Lahir: [Tempat/Tanggal Lahir Ustadz] Alamat: [Alamat Ustadz] Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa: Nama: [Nama Pria] Tempat/Tanggal Lahir: [Tempat/Tanggal Lahir Pria] Alamat: [Alamat Pria] Telah menikah dengan: Nama: [Nama Wanita] Tempat/Tanggal Lahir: [Tempat/Tanggal Lahir Wanita] Alamat: [Alamat Wanita] Pada hari [Tanggal] tanggal [Bulan] tahun [Tahun] di [Tempat Pernikahan]. Pernikahan tersebut telah disaksikan oleh: 1. [Nama Saksi 1] 2. [Nama Saksi 2] Demikian surat keterangan ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. [Tempat] [Tanggal] [Nama Ustadz] 

Surat nikah siri dapat digunakan sebagai bukti pernikahan secara agama. Surat ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti:

  • Mendaftarkan anak ke sekolah
  • Melamar pekerjaan
  • Mengurus visa

Pasangan yang menikah siri perlu mengurus surat nikah siri kepada seorang ustadz atau tokoh agama yang memiliki kewenangan untuk menikahkan. Surat nikah siri biasanya akan diberikan kepada pasangan setelah pernikahan selesai dilakukan.

Check Also

Uji Kompetensi Hal 155 Seni Budaya Kelas 8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *