Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang mengusung semangat merdeka belajar. Melalui kurikulum ini, guru memiliki keleluasaan dalam merancang pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Salah satu perangkat ajar yang dapat digunakan guru dalam implementasi kurikulum merdeka adalah modul ajar.

Modul ajar adalah dokumen yang berisi tujuan, langkah, dan asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit bab atau topik berdasarkan alur tujuan pembelajaran, yang diturunkan dari capaian pembelajaran. Modul ajar disusun dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kompetensi inti, dan kompetensi dasar.

Berikut adalah contoh modul ajar kurikulum merdeka untuk jenjang sekolah dasar (SD) kelas 4 mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPS):

Informasi Umum

  • Identitas Modul

    • Judul: Bagian Tubuh Tumbuhan
    • Kelas: 4
    • Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPS)
    • Alokasi Waktu: 2 kali pertemuan
  • Kompetensi Awal

    • Mengidentifikasi bagian tubuh tumbuhan dan mendeskripsikan fungsinya.
  • Profil Pelajar Pancasila

    • Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia
    • Berkebinekaan global
    • Bergotong-royong
    • Mandiri
    • Bernalar kritis
    • Kreatif
  • Sarana dan Prasarana

    • Lembar kerja (Lampiran 1.1) untuk masing-masing peserta didik
    • Kartu bagian tubuh tumbuhan (Lampiran 1.2)
    • Alat tulis
    • Alat mewarnai
    • Contoh akar tunggang dan serabut
    • Contoh batang basah, batang kayu, dan batang rumput
    • Contoh daun dengan tulang berbeda
    • Contoh bunga sempurna
    • Contoh bunga tidak sempurna
  • Target Peserta Didik

    • Peserta didik dapat mengidentifikasi bagian tubuh tumbuhan dan mendeskripsikan fungsinya.
  • Model Pembelajaran

    • Discovery Learning

Tujuan Kegiatan Pembelajaran

  • Peserta didik dapat mengidentifikasi bagian tubuh tumbuhan.
  • Peserta didik dapat mendeskripsikan fungsi bagian tubuh tumbuhan.

Pemahaman Bermakna

  • Peserta didik dapat memahami bahwa tumbuhan memiliki bagian-bagian yang memiliki fungsi masing-masing.
  • Peserta didik dapat menerapkan pemahamannya tentang bagian tubuh tumbuhan dalam kehidupan sehari-hari.

Pertanyaan Pemantik

  • Apa saja bagian tubuh tumbuhan?
  • Apa fungsi bagian tubuh tumbuhan?

Kegiatan Pembelajaran

  • Pertemuan 1

    • Guru memberikan pengantar tentang bagian tubuh tumbuhan.
    • Guru membagikan lembar kerja (Lampiran 1.1) kepada peserta didik.
    • Peserta didik mengamati gambar bagian tubuh tumbuhan pada lembar kerja.
    • Peserta didik mendiskusikan fungsi bagian tubuh tumbuhan bersama teman sekelompoknya.
    • Guru membimbing peserta didik dalam diskusi.
    • Peserta didik mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
  • Pertemuan 2

    • Guru membagikan kartu bagian tubuh tumbuhan (Lampiran 1.2) kepada peserta didik.
    • Peserta didik mengamati kartu bagian tubuh tumbuhan.
    • Peserta didik mencocokkan kartu bagian tubuh tumbuhan dengan gambarnya pada lembar kerja.
    • Peserta didik mewarnai gambar bagian tubuh tumbuhan sesuai warna aslinya.
    • Guru membimbing peserta didik dalam kegiatan ini.

Asesmen

  • Penilaian Diri

    • Peserta didik menilai diri sendiri terhadap pemahamannya tentang bagian tubuh tumbuhan.
  • Penilaian Antarteman

    • Peserta didik saling menilai teman sekelompoknya terhadap pemahamannya tentang bagian tubuh tumbuhan.
  • Penilaian Guru

    • Guru menilai peserta didik secara keseluruhan terhadap pemahamannya tentang bagian tubuh tumbuhan.

Lampiran

  • Lampiran 1.1 Lembar kerja untuk mengidentifikasi bagian tubuh tumbuhan
  • Lampiran 1.2 Kartu bagian tubuh tumbuhan

Modul ajar di atas hanyalah salah satu contoh. Guru dapat mengembangkan modul ajar sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didiknya.

Check Also

Uji Kompetensi Hal 155 Seni Budaya Kelas 8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *