Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 138: Teks Diskusi Antitawuran
Dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia kelas 9 SMP/MTs kurikulum merdeka, terdapat materi tentang teks diskusi. Materi ini membahas tentang struktur teks diskusi, ciri-ciri teks diskusi, dan contoh teks diskusi.
Pada halaman 138 dan 139, siswa diminta untuk melengkapi struktur teks diskusi dengan model teks diskusi siswa: antitawuran. Berikut adalah kunci jawaban untuk soal tersebut:
Tema: Tawuran Antar Pelajar
Pernyataan Argumen Pro:
- Tawuran antar pelajar merupakan perbuatan yang tidak terpuji dan melanggar hukum.
- Tawuran dapat menimbulkan kerugian materi dan nonmateri.
- Tawuran dapat mengganggu ketertiban umum.
Pernyataan Argumen Kontra:
- Tawuran merupakan bentuk ekspresi kebebasan berekspresi.
- Tawuran dapat menjadi ajang pembuktian diri.
- Tawuran dapat menjadi sarana untuk melepaskan amarah.
Pembahasan:
- Tawuran antar pelajar merupakan perbuatan yang tidak terpuji dan melanggar hukum. Tawuran dapat menimbulkan kerugian materi dan nonmateri, seperti luka-luka, kerusakan barang, dan bahkan kematian. Selain itu, tawuran juga dapat mengganggu ketertiban umum dan menimbulkan ketakutan bagi masyarakat.
- Tawuran merupakan bentuk ekspresi kebebasan berekspresi. Tawuran dapat menjadi sarana bagi para pelajar untuk mengekspresikan aspirasi atau ketidakpuasan mereka. Namun, ekspresi kebebasan tersebut seharusnya dilakukan dengan cara yang positif dan tidak merugikan orang lain.
- Tawuran dapat menjadi ajang pembuktian diri. Tawuran dapat menjadi sarana bagi para pelajar untuk menunjukkan eksistensi mereka di hadapan teman-teman mereka. Namun, pembuktian diri tersebut seharusnya dilakukan dengan cara yang positif, seperti melalui prestasi akademik atau nonakademik.
- Tawuran dapat menjadi sarana untuk melepaskan amarah. Tawuran dapat menjadi cara bagi para pelajar untuk melepaskan amarah mereka akibat tekanan dari berbagai pihak, seperti tekanan dari orang tua, guru, atau teman-teman. Namun, pelepasan amarah tersebut seharusnya dilakukan dengan cara yang positif, seperti melalui olahraga atau aktivitas lain yang bermanfaat.
Kesimpulan:
Tawuran antar pelajar merupakan perbuatan yang tidak terpuji dan merugikan banyak pihak. Oleh karena itu, tawuran harus dihindari dan diberantas. Untuk mengatasi tawuran, diperlukan kerja sama dari semua pihak, baik pihak sekolah, orang tua, masyarakat, maupun pemerintah.
Penjelasan Tambahan:
- Pada bagian pernyataan argumen pro, siswa dapat menambahkan argumen-argumen lain yang mendukung antitawuran. Misalnya, tawuran dapat merusak citra sekolah dan bangsa.
- Pada bagian pernyataan argumen kontra, siswa dapat menambahkan argumen-argumen lain yang menentang antitawuran. Misalnya, tawuran dapat menjadi sarana untuk meningkatkan solidaritas antar pelajar.
- Pada bagian pembahasan, siswa dapat menjelaskan lebih lanjut tentang setiap argumen yang telah dikemukakan.
- Pada bagian kesimpulan, siswa dapat memberikan saran atau rekomendasi untuk mengatasi tawuran.
Semoga kunci jawaban ini dapat membantu siswa kelas 9 SMP/MTs dalam mengerjakan soal tentang teks diskusi antitawuran.