Pernyataan Dibawah Ini Yang Menunjukkan Perbedaan Cerpen Dan Novel Adalah

Pernyataan Dibawah Ini Yang Menunjukkan Perbedaan Cerpen Dan Novel Adalah

Cerpen dan novel adalah dua jenis karya sastra yang memiliki perbedaan mendasar. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari berbagai aspek, seperti ukuran, jumlah tokoh, alur cerita, latar, dan watak tokoh.

Berikut adalah 10 pertanyaan dan penyelesaian yang berkaitan dengan pertanyaan "Pernyataan di bawah ini yang menunjukkan perbedaan cerpen dan novel adalah …"

1. Pernyataan berikut yang menunjukkan perbedaan cerpen dan novel adalah ….

A. Novel tidak ada konflik sedangkan cerpen ada konflik.

Penjelasan: Pernyataan ini tidak tepat. Baik cerpen maupun novel memiliki konflik. Konflik adalah salah satu unsur penting dalam cerita yang menggerakkan cerita. Konflik dapat berupa konflik internal, konflik eksternal, atau konflik sosial.

2. Pernyataan berikut yang menunjukkan perbedaan cerpen dan novel adalah ….

B. Novel tidak berbentuk prosa sedangkan cerpen berbentuk prosa.

Penjelasan: Pernyataan ini juga tidak tepat. Baik cerpen maupun novel berbentuk prosa. Prosa adalah karangan yang berbentuk tulisan yang tidak terikat oleh irama, rima, atau matra.

3. Pernyataan berikut yang menunjukkan perbedaan cerpen dan novel adalah ….

C. Novel bercerita tentang seorang tokoh sedang cerpen bercerita tentang pengalaman hidup.

Penjelasan: Pernyataan ini juga tidak tepat. Baik cerpen maupun novel dapat bercerita tentang seorang tokoh atau lebih. Cerpen biasanya hanya bercerita tentang satu tokoh utama, sedangkan novel dapat bercerita tentang beberapa tokoh utama.

4. Pernyataan berikut yang menunjukkan perbedaan cerpen dan novel adalah ….

D. Cerpen bercerita tidak sampai menimbulkan perubahan nasib, sementara novel sebaliknya.

Penjelasan: Pernyataan ini tepat. Cerpen biasanya hanya bercerita tentang satu peristiwa atau kejadian yang dialami oleh tokoh utama. Peristiwa tersebut tidak selalu menimbulkan perubahan nasib yang signifikan bagi tokoh utama. Sementara itu, novel biasanya bercerita tentang kehidupan tokoh utama dari awal hingga akhir. Novel dapat bercerita tentang perubahan nasib yang dialami oleh tokoh utama dari waktu ke waktu.

5. Cerpen biasanya memiliki jumlah kata ….

A. Kurang dari 10.000

Penjelasan: Pernyataan ini tepat. Cerpen biasanya memiliki jumlah kata kurang dari 10.000. Jumlah kata yang tepat untuk cerpen adalah antara 2.000 hingga 10.000 kata.

6. Novel biasanya memiliki jumlah kata ….

B. Lebih dari 35.000

Penjelasan: Pernyataan ini tepat. Novel biasanya memiliki jumlah kata lebih dari 35.000. Jumlah kata yang tepat untuk novel adalah antara 35.000 hingga 100.000 kata.

7. Cerpen biasanya dapat diselesaikan dalam ….

A. Satu kali duduk

Penjelasan: Pernyataan ini tepat. Cerpen biasanya dapat diselesaikan dalam satu kali duduk. Cerpen biasanya memiliki panjang yang relatif pendek sehingga dapat dibaca dalam waktu yang singkat.

8. Novel biasanya tidak dapat diselesaikan dalam ….

B. Satu kali duduk

Penjelasan: Pernyataan ini tepat. Novel biasanya tidak dapat diselesaikan dalam satu kali duduk. Novel biasanya memiliki panjang yang relatif panjang sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membacanya.

9. Cerpen biasanya berfokus pada ….

A. Satu peristiwa atau kejadian

Penjelasan: Pernyataan ini tepat. Cerpen biasanya berfokus pada satu peristiwa atau kejadian. Cerpen biasanya memiliki alur cerita yang sederhana dan tidak terlalu kompleks.

10. Novel biasanya berfokus pada ….

B. Kehidupan tokoh utama dari awal hingga akhir

Penjelasan: Pernyataan ini tepat. Novel biasanya berfokus pada kehidupan tokoh utama dari awal hingga akhir. Novel biasanya memiliki alur cerita yang kompleks dan lebih banyak melibatkan tokoh-tokoh lain.

Check Also

Perencanaan Produksi Yang Bertujuan Memenuhi Kebutuhan Pasar Memerlukan Kegiatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *