Bantuan Langsung Tunai 2024 Kapan Cair

Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino 2024 Diperpanjang Hingga Juni

Pemerintah Indonesia telah memutuskan untuk memperpanjang penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino hingga Juni 2024. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso pada Selasa (9/1/2024).

BLT El Nino merupakan program bantuan sosial yang diberikan kepada masyarakat miskin dan rentan miskin untuk mengurangi dampak kenaikan harga pangan akibat El Nino. Program ini telah disalurkan sebanyak dua kali pada November dan Desember 2023.

Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang penyaluran BLT El Nino hingga Juni 2024 karena masih adanya potensi kenaikan harga pangan di kuartal I dan II tahun 2024. Selain itu, kondisi perekonomian global yang masih belum stabil juga menjadi pertimbangan pemerintah dalam memperpanjang program ini.

Pemerintah akan menyalurkan BLT El Nino sebesar Rp 300.000 per bulan kepada 12 juta penerima. Penerima BLT El Nino adalah masyarakat miskin dan rentan miskin yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

Pemerintah akan menyalurkan BLT El Nino melalui bank penyalur yang telah ditunjuk. Penerima BLT El Nino akan menerima notifikasi melalui pesan singkat (SMS) dari bank penyalur.

Berikut adalah jadwal penyaluran BLT El Nino 2024:

  • Bulan April 2024: 15-30 April
  • Bulan Mei 2024: 15-30 Mei
  • Bulan Juni 2024: 15-30 Juni

Masyarakat dapat mengecek status penerima BLT El Nino melalui website Kemensos di cekbansos.kemensos.go.id.

Pemerintah berharap dengan adanya perpanjangan penyaluran BLT El Nino ini, dapat membantu masyarakat miskin dan rentan miskin dalam memenuhi kebutuhan pangannya.

Check Also

Pertandingan Indonesia vs Thailand SEA Games 2023: Adu Kekuatan Tim Unggulan Asia Tenggara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *