Cek Blt Bbm

Cek BLT BBM: Cara Mudah Cek Status dan Penerima Bantuan

Pada tahun 2023, pemerintah Indonesia meluncurkan program Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk Bahan Bakar Minyak (BBM). Program ini bertujuan untuk memberikan bantuan langsung kepada masyarakat yang membutuhkan, sehingga mereka tetap mampu memenuhi kebutuhan dasar mereka meskipun harga BBM naik.

BLT BBM diberikan kepada 20,65 juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Bantuan ini disalurkan sebanyak Rp600.000 dengan penyaluran dua kali sebesar Rp300.000/penyaluran.

Untuk mengetahui apakah Anda termasuk penerima BLT BBM, Anda dapat melakukan pengecekan melalui portal cek.bansos.kemsos.go.id. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka browser web di komputer atau perangkat seluler.
  2. Akses laman cek.bansos.kemsos.go.id.
  3. Masukkan data wilayah penerima manfaat (provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa).
  4. Masukkan nama penerima manfaat sesuai KTP.
  5. Ketikkan 8 huruf kode yang dipisahkan spasi.
  6. Masukkan huruf kode captcha.
  7. Klik tombol “Cari Data”.

Setelah Anda melakukan pengecekan, Anda akan mendapatkan informasi mengenai status Anda sebagai penerima BLT BBM. Jika Anda termasuk penerima BLT BBM, Anda akan mendapatkan informasi mengenai tanggal penyaluran dan lokasi penyaluran.

Selain melalui portal cek.bansos.kemsos.go.id, Anda juga dapat melakukan pengecekan melalui aplikasi Cek Bansos. Aplikasi ini dapat diunduh di Google Play Store atau App Store. Cara pengecekan melalui aplikasi Cek Bansos sama dengan cara pengecekan melalui portal cek.bansos.kemsos.go.id.

Jika Anda merasa bahwa Anda berhak mendapatkan BLT BBM namun tidak terdaftar sebagai penerima, Anda dapat mengajukan diri melalui menu "Usul dan Sanggah" di portal cek.bansos.kemsos.go.id atau aplikasi Cek Bansos. Pengajuan tersebut akan diverifikasi oleh pemerintah daerah.

Program BLT BBM merupakan salah satu upaya pemerintah untuk membantu masyarakat yang terdampak kenaikan harga BBM. Dengan adanya program ini, diharapkan masyarakat dapat tetap memenuhi kebutuhan dasar mereka meskipun harga BBM naik.

Check Also

Pertandingan Indonesia vs Thailand SEA Games 2023: Adu Kekuatan Tim Unggulan Asia Tenggara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *