Blt 2024 Kapan Cair

BLT El Nino 2024 Diperpanjang Hingga Juni, Kapan Mulai?

Pemerintah telah memutuskan untuk memperpanjang penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino hingga Juni 2024. Hal ini dilakukan untuk membantu masyarakat miskin yang terdampak kenaikan harga pangan akibat fenomena El Nino.

BLT El Nino pertama kali disalurkan pada November 2023, dengan total anggaran sebesar Rp 6,72 triliun. Bantuan ini diberikan kepada 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di 34 provinsi.

Pada tahap pertama, BLT El Nino disalurkan sebesar Rp 300.000 per KPM. Kemudian, pada tahap kedua yang disalurkan pada Desember 2023, bantuan tersebut dinaikkan menjadi Rp 400.000 per KPM.

Untuk tahap ketiga, pemerintah belum mengumumkan tanggal pencairannya. Namun, Presiden Joko Widodo telah memberikan bocoran bahwa bantuan tersebut akan disalurkan pada April 2024.

"Nanti kita hitung-hitungan lagi, kalau APBN memungkinkan kita lanjutkan lagi April, Mei, Juni. Setuju?" kata Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna pada 8 Januari 2024.

Jika mengacu pada jadwal tersebut, maka BLT El Nino tahap ketiga akan disalurkan kepada 18,8 juta KPM secara bertahap selama tiga bulan, mulai April hingga Juni 2024.

Untuk mengetahui apakah Anda termasuk penerima BLT El Nino 2024, Anda dapat mengeceknya melalui situs Cekbansos.kemensos.go.id.

Berikut adalah cara cek penerima BLT El Nino 2024:

  1. Kunjungi situs Cekbansos.kemensos.go.id
  2. Masukkan NIK Anda
  3. Masukkan nama lengkap Anda
  4. Masukkan kode provinsi Anda
  5. Klik "Cari"

Jika Anda termasuk penerima BLT El Nino 2024, maka akan muncul informasi terkait status Anda sebagai penerima bantuan. Informasi tersebut meliputi nama Anda, NIK Anda, dan jumlah bantuan yang akan Anda terima.

Pemerintah berharap, bantuan ini dapat membantu masyarakat miskin untuk memenuhi kebutuhan pokoknya dan mengurangi dampak kenaikan harga pangan akibat El Nino.

Check Also

Pertandingan Indonesia vs Thailand SEA Games 2023: Adu Kekuatan Tim Unggulan Asia Tenggara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *