Sbk Hal 169 Kelas 8

SBK Hal 169 Kelas 8: Uji Kompetensi Alat Musik Daerah

Pada halaman 169 buku Seni Budaya kelas 8 SMP/MTs, terdapat materi tentang uji kompetensi alat musik daerah. Materi ini merupakan kelanjutan dari materi sebelumnya, yaitu memainkan alat musik tradisional.

Materi uji kompetensi alat musik daerah terdiri dari beberapa soal yang berkaitan dengan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam memainkan alat musik tradisional. Soal-soal tersebut meliputi:

  • Menyebutkan 10 jenis alat musik daerah dan asalnya
  • Menjelaskan cara memainkan 10 jenis alat musik daerah tersebut
  • Menyebutkan fungsi alat musik daerah dalam kehidupan masyarakat

Berikut adalah pembahasan lengkap tentang materi uji kompetensi alat musik daerah pada halaman 169 buku Seni Budaya kelas 8 SMP/MTs:

Menyebutkan 10 Jenis Alat Musik Daerah dan Asalnya

Di Indonesia terdapat berbagai macam alat musik daerah yang tersebar di seluruh wilayah. Alat musik daerah tersebut dapat dikelompokkan berdasarkan sumber bunyinya, yaitu:

  • Alat musik idiofon, yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari bahan dasarnya. Contoh alat musik idiofon antara lain: gong, bonang, angklung, dan kolintang.
  • Alat musik membranofon, yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran selaput. Contoh alat musik membranofon antara lain: gendang, rebana, kendang, dan tifa.
  • Alat musik aerofon, yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran udara. Contoh alat musik aerofon antara lain: seruling, suling, klarinet, dan flute.
  • Alat musik kordofon, yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran dawai. Contoh alat musik kordofon antara lain: gitar, biola, rebab, dan kecapi.

Berikut adalah 10 jenis alat musik daerah yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia:

  • Gong (Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sunda, dan Sulawesi Selatan)
  • Bonang (Jawa Tengah dan Jawa Timur)
  • Angklung (Jawa Barat)
  • Kolintang (Sulawesi Utara)
  • Gendang (Sumatera, Jawa, Bali, dan Sulawesi)
  • Rebana (Sumatera, Jawa, Bali, dan Sulawesi)
  • Kendang (Jawa, Bali, dan Sulawesi)
  • Seruling (Sumatera, Jawa, Bali, dan Sulawesi)
  • Suling (Sumatera, Jawa, Bali, dan Sulawesi)

Menjelaskan Cara Memainkan 10 Jenis Alat Musik Daerah

Cara memainkan alat musik daerah dapat berbeda-beda, tergantung pada jenis alat musiknya. Berikut adalah penjelasan singkat tentang cara memainkan 10 jenis alat musik daerah yang disebutkan di atas:

  • Gong dimainkan dengan cara dipukul menggunakan pemukul yang terbuat dari kayu atau rotan.
  • Bonang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan pemukul yang terbuat dari kayu atau rotan.
  • Angklung dimainkan dengan cara digoyangkan.
  • Kolintang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan pemukul yang terbuat dari kayu atau rotan.
  • Gendang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan atau pemukul yang terbuat dari kayu atau rotan.
  • Rebana dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan.
  • Kendang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan atau pemukul yang terbuat dari kayu atau rotan.
  • Seruling dimainkan dengan cara ditiup.
  • Suling dimainkan dengan cara ditiup.

Menyebutkan Fungsi Alat Musik Daerah dalam Kehidupan Masyarakat

Alat musik daerah memiliki berbagai fungsi dalam kehidupan masyarakat, antara lain:

  • Sebagai media hiburan
  • Sebagai media upacara adat
  • Sebagai media komunikasi
  • Sebagai media pendidikan

Alat musik daerah dapat digunakan sebagai media hiburan untuk menghibur masyarakat dalam berbagai acara, seperti pesta pernikahan, khitanan, dan upacara adat. Alat musik daerah juga dapat digunakan sebagai media upacara adat untuk mengiringi berbagai upacara adat, seperti upacara pernikahan, upacara khitanan, dan upacara panen. Alat musik daerah juga dapat digunakan sebagai media komunikasi untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada masyarakat. Alat musik daerah juga dapat digunakan sebagai media pendidikan untuk memperkenalkan budaya daerah kepada masyarakat.

Check Also

Upaya Menghadapi Globalisasi Iptek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *