Cek Npwp Dengan Nik

Cek NPWP dengan NIK: Cara Mudah dan Praktis

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) merupakan nomor identitas yang wajib dimiliki oleh setiap orang atau badan yang memenuhi syarat subjektif dan objektif sebagai Wajib Pajak. NPWP digunakan untuk kepentingan perpajakan, seperti untuk menghitung, memperhitungkan, dan memungut pajak.

Sejak tahun 2022, pemerintah telah mewajibkan seluruh penduduk Indonesia untuk memiliki NPWP. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan.

Pada awalnya, untuk memperoleh NPWP, wajib pajak harus mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) secara langsung. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, pemerintah kini telah menyediakan layanan cek NPWP secara online.

Salah satu cara cek NPWP secara online adalah dengan menggunakan NIK dan nomor Kartu Keluarga (KK). Cara ini sangat mudah dan praktis, sehingga dapat dilakukan oleh siapa saja.

Cara Cek NPWP dengan NIK dan KK

Berikut adalah cara cek NPWP dengan NIK dan KK:

  1. Kunjungi laman web ereg.pajak.go.id.
  2. Gulir halaman ke bawah dan klik "Cek NPWP".
  3. Pilih kategori wajib pajak, "Orang Pribadi" untuk individu atau "Badan" untuk wajib pajak badan.
  4. Masukkan NIK dan nomor KK.
  5. Masukkan kode captcha.
  6. Klik "Cari".

Jika NIK dan nomor KK yang Anda masukkan sudah terdaftar sebagai NPWP, maka akan muncul informasi NPWP, nama wajib pajak, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama terdaftar, dan status aktif atau tidaknya.

Manfaat Cek NPWP

Cek NPWP dengan NIK dan KK memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  • Untuk mengetahui apakah Anda sudah memiliki NPWP atau belum.
  • Untuk mengetahui informasi NPWP Anda, seperti nomor NPWP, nama wajib pajak, KPP Pratama terdaftar, dan status aktif atau tidaknya.
  • Untuk mengetahui apakah NPWP Anda sudah terintegrasi dengan NIK.

Kesimpulan

Cek NPWP dengan NIK dan KK merupakan cara yang mudah dan praktis untuk mengetahui apakah Anda sudah memiliki NPWP atau belum. Dengan mengetahui informasi NPWP Anda, Anda dapat memenuhi kewajiban perpajakan Anda dengan lebih baik.

Check Also

Pertandingan Indonesia vs Thailand SEA Games 2023: Adu Kekuatan Tim Unggulan Asia Tenggara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *