Lebaran 2024 Tanggal Berapa

Lebaran 2024 Jatuh Pada Tanggal 10 dan 11 April

Lebaran atau Idul Fitri adalah hari raya umat Islam yang dirayakan setiap tahunnya untuk merayakan kemenangan umat Islam setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Lebaran jatuh pada tanggal 1 Syawal dalam kalender Hijriyah.

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024, pemerintah menetapkan bahwa Idul Fitri 1445 Hijriah jatuh pada tanggal 10 dan 11 April 2024. Dengan demikian, Lebaran 2024 akan jatuh pada hari Rabu dan Kamis.

Pemerintah menetapkan tanggal Lebaran berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. Hisab hakiki adalah perhitungan posisi bulan secara astronomis untuk menentukan awal bulan Hijriyah.

Lebaran merupakan hari raya yang sangat penting bagi umat Islam. Pada hari ini, umat Islam di seluruh dunia merayakan kemenangan mereka dalam melawan hawa nafsu dan godaan selama bulan Ramadhan. Lebaran juga merupakan momen untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat untuk saling bermaaf-maafan.

Pada hari Lebaran, umat Islam akan mengenakan pakaian baru dan pergi ke masjid untuk melaksanakan salat Idul Fitri. Setelah salat, umat Islam akan saling bermaaf-maafan dan saling memaafkan.

Lebaran juga merupakan momen untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat yang jauh. Banyak orang yang akan mudik atau pulang kampung untuk merayakan Lebaran bersama keluarga.

Lebaran merupakan hari yang penuh kebahagiaan bagi umat Islam. Pada hari ini, umat Islam akan merasakan sukacita dan kedamaian.

Daftar Cuti Bersama Lebaran 2024

Selain tanggal Lebaran, pemerintah juga menetapkan tanggal cuti bersama Lebaran 2024. Cuti bersama Lebaran 2024 jatuh pada tanggal:

  • 8 April 2024
  • 9 April 2024
  • 12 April 2024
  • 15 April 2024

Cuti bersama Lebaran diberikan untuk memberikan kesempatan kepada umat Islam untuk merayakan Lebaran dengan lebih lama.

Check Also

Serangkaian Gambar Yang Mengandung Narasi Atau Cerita Disebut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *