22 Desember Hari Apa

22 Desember Hari Apa?

22 Desember adalah hari ke-356 (hari ke-357 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian, dengan 9 hari tersisa hingga akhir tahun.

Pada tanggal 22 Desember, ada beberapa peristiwa penting yang terjadi, antara lain:

  • 1812 – Perang Saudara Amerika: Pasukan Amerika Serikat mengalahkan pasukan Inggris dalam Pertempuran Trenton.
  • 1852 – Novel "The Adventures of Oliver Twist" karya Charles Dickens diterbitkan.
  • 1905 – Norwegia menyatakan kemerdekaan dari Swedia.
  • 1914 – Perang Dunia I: Pertempuran Tannenberg, pertempuran besar pertama dalam perang, berakhir dengan kemenangan Jerman atas Rusia.
  • 1942 – Perang Dunia II: Jepang menduduki Manila, Filipina.
  • 1968 – Perang Vietnam: Pasukan Amerika Serikat dan Vietnam Selatan merebut Kota Huế dari pasukan Viet Cong dan pasukan Utara Vietnam.
  • 1989 – Presiden Amerika Serikat George H.W. Bush menandatangani Undang-Undang Kebebasan Informasi.
  • 2009 – Sebuah gempa bumi berkekuatan 7,9 SR mengguncang Sichuan, Tiongkok, menewaskan lebih dari 80.000 orang.

Pada tanggal 22 Desember juga diperingati sebagai hari-hari penting berikut ini:

  • Hari Ibu di Indonesia
  • Hari Nasional Norwegia
  • Hari Peringatan Gempa Bumi Sichuan 2008

Hari Ibu di Indonesia

Hari Ibu di Indonesia diperingati setiap tanggal 22 Desember. Peringatan ini pertama kali diusulkan oleh R.A. Kartini pada tahun 1928. Pada saat itu, Kartini melihat bahwa kaum perempuan di Indonesia masih memiliki status yang rendah dan sering diperlakukan tidak adil. Ia bercita-cita agar kaum perempuan di Indonesia memiliki hak dan kedudukan yang sama dengan kaum laki-laki.

Peringatan Hari Ibu di Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya peran perempuan dalam pembangunan bangsa. Peringatan ini juga bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada para ibu atas perjuangan dan pengorbanan mereka dalam mendidik dan membesarkan anak-anak mereka.

Hari Nasional Norwegia

Hari Nasional Norwegia diperingati setiap tanggal 22 Desember untuk memperingati deklarasi kemerdekaan Norwegia dari Swedia pada tahun 1814. Pada tanggal 17 Mei 1814, Parlemen Norwegia mengadopsi Konstitusi Norwegia. Konstitusi ini menyatakan bahwa Norwegia adalah negara berdaulat yang diperintah oleh raja.

Perayaan Hari Nasional Norwegia biasanya dimulai pada sore hari dengan parade militer di Oslo, ibu kota Norwegia. Parade ini diikuti oleh ribuan orang yang mengenakan pakaian tradisional Norwegia. Setelah parade, masyarakat biasanya berkumpul untuk menyaksikan pesta kembang api.

Hari Peringatan Gempa Bumi Sichuan 2008

Gempa bumi berkekuatan 7,9 SR mengguncang Sichuan, Tiongkok, pada tanggal 12 Mei 2008. Gempa ini menewaskan lebih dari 80.000 orang dan menyebabkan kerusakan yang sangat parah.

Untuk mengenang para korban gempa bumi Sichuan 2008, pemerintah Tiongkok menetapkan tanggal 22 Desember sebagai Hari Peringatan Gempa Bumi Sichuan. Pada hari ini, masyarakat Tiongkok biasanya melakukan upacara peringatan untuk mengenang para korban gempa bumi.

Check Also

Pertandingan Indonesia vs Thailand SEA Games 2023: Adu Kekuatan Tim Unggulan Asia Tenggara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *