Idul Adha 2024 Jatuh Pada Tanggal

Idul Adha 2024 Jatuh pada 17 Juni

Idul Adha merupakan salah satu hari raya besar umat Islam yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 10 Dzulhijah dalam kalender Hijriah. Hari raya ini juga dikenal dengan sebutan Lebaran Haji atau Hari Raya Kurban.

Pada tahun 2024, Idul Adha diperkirakan jatuh pada hari Senin, 17 Juni. Prediksi ini didasarkan pada kalender Islam yang dipublikasikan dalam laman Alhabib.info. Menurut kalender tersebut, 1 Dzulhijah 1445 H/2024 M jatuh pada hari Sabtu, 8 Juni. Dengan demikian, 10 Dzulhijah 1445 H atau Idul Adha 2024 jatuh pada hari Senin, 17 Juni.

Pemerintah Indonesia juga telah menetapkan tanggal 17 Juni 2024 sebagai hari libur nasional dalam rangka Hari Raya Idul Adha 2024. Selain itu, pemerintah juga menetapkan tanggal 18 Juni 2024 sebagai cuti bersama.

Idul Adha merupakan hari raya yang penting bagi umat Islam karena memperingati peristiwa pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS. Nabi Ibrahim AS diperintahkan oleh Allah SWT untuk menyembelih putranya, Nabi Ismail AS. Namun, Allah SWT kemudian mengganti Nabi Ismail AS dengan seekor kambing.

Pada hari Idul Adha, umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan salat Idul Adha, berkurban, dan berbagi kebahagiaan dengan sesama. Salat Idul Adha dilaksanakan pada pagi hari di lapangan atau di masjid. Berkurban merupakan salah satu ibadah yang paling utama pada hari Idul Adha. Umat Islam yang mampu dianjurkan untuk berkurban dengan menyembelih hewan ternak, seperti sapi, kambing, atau domba. Daging kurban kemudian dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Idul Adha merupakan momen yang tepat untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT dan mempererat tali silaturahmi antar sesama umat Islam. Semoga kita semua dapat menyambut hari raya ini dengan penuh suka cita dan kegembiraan.

Check Also

Pertandingan Indonesia vs Thailand SEA Games 2023: Adu Kekuatan Tim Unggulan Asia Tenggara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *