Bpnt September Oktober 2024 Kapan Cair

BPNT September Oktober 2024: Kapan Cair?

Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) adalah program bantuan sosial dari pemerintah yang diberikan kepada keluarga miskin dan rentan miskin untuk memenuhi kebutuhan pangan. BPNT disalurkan melalui Kartu Sembako yang dapat digunakan untuk membeli bahan pangan di warung-warung yang telah ditunjuk oleh pemerintah.

Pada tahun 2024, BPNT disalurkan dalam dua tahap, yaitu tahap 1 dan tahap 2. Tahap 1 disalurkan pada bulan Januari, sedangkan tahap 2 disalurkan pada bulan Maret.

Untuk periode pencairan September-Oktober 2024, BPNT tahap 5 telah disalurkan pada bulan Oktober 2023. Artinya, penerima BPNT telah menerima bantuan untuk dua bulan sekaligus, yaitu bulan September dan Oktober.

Berdasarkan informasi dari Kementerian Sosial (Kemensos), BPNT tahap 6 untuk periode pencairan November-Desember 2024 akan disalurkan pada bulan November 2024. Dengan demikian, penerima BPNT akan menerima bantuan untuk dua bulan sekaligus, yaitu bulan November dan Desember.

Penerima BPNT dapat mengecek status kepesertaannya melalui laman cekbansos.kemensos.go.id. Selain itu, penerima BPNT juga dapat menghubungi petugas Kemensos di wilayahnya untuk informasi lebih lanjut.

Berikut adalah cara cek status kepesertaan BPNT melalui laman cekbansos.kemensos.go.id:

  1. Kunjungi laman cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan kode provinsi.
  3. Klik "Cek".

Jika data penerima BPNT terdaftar, maka akan muncul informasi mengenai nama, alamat, dan status kepesertaan.

Penerima BPNT dapat menggunakan Kartu Sembako untuk membeli bahan pangan di warung-warung yang telah ditunjuk oleh pemerintah. Warung-warung tersebut dapat diidentifikasi dengan adanya logo Kartu Sembako.

Pemerintah mengimbau kepada penerima BPNT untuk menggunakan bantuan tersebut secara bijak dan tepat sasaran. Bantuan tersebut diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan pangan keluarga miskin dan rentan miskin.

Check Also

Pertandingan Indonesia vs Thailand SEA Games 2023: Adu Kekuatan Tim Unggulan Asia Tenggara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *