Tubuh Berita Biasanya Berisi Tentang

Tubuh Berita Biasanya Berisi Tentang

Tubuh berita merupakan bagian kedua dari struktur teks berita. Tubuh berita berisi penjelasan atau informasi yang sudah disampaikan sedikit di bagian kepala berita. Tubuh berita juga menjawab pertanyaan "mengapa" dan "bagaimana".

Secara umum, tubuh berita berisi hal-hal berikut:

  • Penjelasan tentang peristiwa yang diberitakan
  • Latar belakang peristiwa
  • Penyebab peristiwa
  • Dampak peristiwa
  • Upaya yang dilakukan untuk mengatasi peristiwa

Penjelasan tentang peristiwa yang diberitakan merupakan hal yang paling penting dalam tubuh berita. Penjelasan ini harus menjawab pertanyaan "apa" dan "kapan". Pertanyaan "apa" dijawab dengan menjelaskan apa yang terjadi. Pertanyaan "kapan" dijawab dengan menjelaskan kapan peristiwa itu terjadi.

Latar belakang peristiwa merupakan informasi yang menjelaskan mengapa peristiwa itu terjadi. Latar belakang peristiwa dapat berupa kondisi yang melatarbelakangi peristiwa, atau sebab-sebab yang menyebabkan peristiwa itu terjadi.

Penyebab peristiwa merupakan informasi yang menjelaskan secara spesifik apa yang menyebabkan peristiwa itu terjadi. Penyebab peristiwa dapat berupa faktor manusia, faktor alam, atau faktor lainnya.

Dampak peristiwa merupakan informasi yang menjelaskan apa yang terjadi sebagai akibat dari peristiwa itu. Dampak peristiwa dapat berupa dampak positif, dampak negatif, atau keduanya.

Upaya yang dilakukan untuk mengatasi peristiwa merupakan informasi yang menjelaskan apa yang dilakukan oleh pihak-pihak terkait untuk mengatasi peristiwa itu. Upaya yang dilakukan dapat berupa upaya pencegahan, penanganan, atau pemulihan.

Berikut adalah contoh tubuh berita:

Judul:Banjir Landa Jakarta, Ratusan Rumah Terendam

Teras:Banjir setinggi 1 meter merendam ratusan rumah di Jakarta Timur, Senin (23/01/2024).

Tubuh:

Banjir yang merendam ratusan rumah di Jakarta Timur disebabkan oleh hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut sejak Minggu (22/01/2024) malam. Hujan deras tersebut menyebabkan luapan sungai Ciliwung dan Kali Baru.

Banjir yang terjadi di Jakarta Timur ini membuat ratusan warga harus mengungsi. Warga yang mengungsi ditempatkan di tempat-tempat yang telah disiapkan oleh pemerintah setempat.

Pemerintah setempat telah melakukan upaya untuk mengatasi banjir ini. Upaya yang dilakukan antara lain dengan mengerahkan pompa air untuk menyedot air banjir, dan membuka pintu air untuk mengurangi debit air sungai.

Contoh lain:

Judul:Indonesia Juara Piala AFF U-19 2022

Teras:Timnas Indonesia U-19 berhasil meraih juara Piala AFF U-19 2022 setelah mengalahkan Thailand dengan skor 5-3 melalui adu penalti, Jumat (17/07/2022).

Tubuh:

Dalam pertandingan final yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, kedua tim bermain imbang 0-0 hingga waktu normal berakhir. Laga dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu, namun kedua tim masih gagal mencetak gol.

Pada babak adu penalti, Indonesia berhasil unggul 5-3. Gol-gol Indonesia dicetak oleh Marselino Ferdinan, Ronaldo Kwateh, Alfriyanto Nico, dan Rabbani Tasnim. Sementara itu, Thailand hanya mampu mencetak 3 gol melalui Nattakit Butsing, Kakana Khamyok, dan Kroekrit Thaweekarn.

Kemenangan ini merupakan gelar juara kedua Indonesia di Piala AFF U-19. Gelar pertama Indonesia diraih pada tahun 2013.

Soal dan Pembahasan

Berikut adalah 10 soal terkait tubuh berita beserta pembahasannya:

  1. Apa yang biasanya dibahas dalam tubuh berita?

Jawaban: Tubuh berita biasanya membahas penjelasan atau informasi yang sudah disampaikan sedikit di bagian kepala berita. Tubuh berita juga menjawab pertanyaan "mengapa" dan "bagaimana".

  1. Apa saja hal-hal yang biasanya dibahas dalam tubuh berita?

Jawaban: Hal-hal yang biasanya dibahas dalam tubuh berita antara lain:

  • Penjelasan tentang peristiwa yang diberitakan
  • Latar belakang peristiwa
  • Penyebab peristiwa
  • Dampak peristiwa
  • Upaya yang dilakukan untuk mengatasi peristiwa
  1. Penjelasan tentang peristiwa yang diberitakan merupakan hal yang paling penting dalam tubuh berita. Mengapa demikian?

Jawaban: Penjelasan tentang peristiwa yang diberitakan merupakan hal yang paling penting dalam tubuh berita karena menjelaskan apa yang terjadi dan kapan peristiwa itu terjadi. Pertanyaan "apa" dan "kapan" merupakan pertanyaan dasar yang harus dijawab oleh setiap berita.

  1. **Latar belakang peristiwa merupakan informasi yang menjelaskan mengapa peristiwa itu terjadi

Check Also

Apa Keuntungan Penerapan E Budgeting Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *