Doa Kepada Orang Tua

Doa Kepada Orang Tua: Pentingnya Berbakti dan Mendoakan Kedua Orang Tua

Orang tua adalah orang yang paling berjasa bagi kita. Merekalah yang telah melahirkan, membesarkan, dan mendidik kita hingga menjadi orang yang seperti sekarang ini. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita sebagai anak berbakti kepada mereka.

Salah satu bentuk bakti kepada orang tua adalah dengan mendoakan mereka. Doa merupakan bentuk permohonan kepada Allah SWT agar mengabulkan apa yang kita inginkan. Dalam Islam, mendoakan orang tua merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan.

Keutamaan Mendoakan Orang Tua

Mendoakan orang tua memiliki banyak keutamaan, di antaranya:

  • Mendapatkan ridha Allah SWT. Allah SWT berfirman:

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

“Dan Rabbmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya ‘ah’ dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang mulia.” (QS. Al-Isra’: 23)

  • Mendapatkan ampunan dosa. Rasulullah SAW bersabda:

“Tiga orang yang doanya pasti dikabulkan, yaitu: orang yang sedang berpuasa ketika berbuka, imam yang adil, dan doa anak yang shalih kepada orang tuanya.” (HR. Tirmidzi)

  • Mendapat pahala yang besar. Rasulullah SAW bersabda:

“Orang yang paling berhak mendapat balasan (pahala) kebaikan dari seorang anak adalah orang tuanya.” (HR. Bukhari)

  • Mendapatkan surga. Rasulullah SAW bersabda:

“Kedua orang tua adalah pintu surga. Jika engkau ingin surga, maka berbaktilah kepada kedua orang tuamu.” (HR. Tirmidzi)

Bacaan Doa Kepada Orang Tua

Berikut adalah beberapa bacaan doa kepada orang tua yang dapat kita panjatkan:

  • Doa untuk orang tua yang masih hidup

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

“Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orang tuaku, dan kasihanilah mereka sebagaimana mereka telah mengasihi aku di waktu kecil.”

  • Doa untuk orang tua yang sudah meninggal

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ إِنَّكَ سَمِيعٌ قَرِيبٌ مُجِيبُ الدَّعَوَاتِ

**“Ya Allah, ampunilah semua dosa-dosa kaum Muslimin dan Muslimat, mukminin dan mukminat, yang masih hidup di antara mereka dan yang sudah meninggal. Dan pertemukanlah kami dan mereka dengan kebaikan. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar

Check Also

Apa Keuntungan Penerapan E Budgeting Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *