Wa’alaikumussalam: Salam Islam yang Penuh Berkah

Wa’alaikumussalam adalah salam dalam bahasa Arab yang berarti “dan semoga keselamatan tercurah kepadamu”. Salam ini merupakan jawaban dari salam “Assalamualaikum” yang berarti “semoga keselamatan tercurah kepadamu”.

Sejarah Wa’alaikumussalam

Salam adalah salah satu bentuk adab dan sopan santun yang diajarkan oleh Islam. Salam sudah diajarkan sejak zaman Nabi Adam AS. Nabi Adam AS mengajarkan salam kepada putranya, Nabi Syits AS.

Dalam Al-Qur’an, salam disebutkan dalam beberapa ayat, di antaranya:

  • Q.S. An-Nisa ayat 86:

یَـٰۤأَیُّهَا ٱلَّذِینَ ءَامَنُوا۟ لَا تَدۡخُلُوا۟ بُیُوتًا غَیۡرَ بُیُوتِكُمۡ حَتَّىٰ تَسۡتَأۡنِسُوا۟ وَتُسَلِّمُوا۟ عَلَىٰٓ أَهۡلِهَاۚ ۚ ذَٰلِكُمۡ خَیۡرٌ لَّكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَذَكَّرُونَ

Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu memasuki rumah-rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan mengucapkan salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagimu, agar kamu ingat.

  • Q.S. Al-An’am ayat 54:

وَإِذَا جَآءَكَ ٱلَّذِینَ یُؤۡمِنُونَ بِـَٔایَٰتِنَا فَقُلۡ سَلَٰمٌ عَلَیۡكُمۡۚ كَتَبَ رَبُّكُمۡ عَلَىٰ نَفۡسِهِ الرَّحۡمَةَۖ أَنَّهُ مَنۡ عَمِلَ مِنۡكُمۡ سُوٓءًا بِجَهَالَةٍ ثُمَّ تَابَ مِنۡ بَعۡدِهِ وَأَصۡلَحَ فَإِنَّهُ غَفُورٌ رَّحِیمٌ

Dan apabila datang kepadamu orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami, maka katakanlah kepada mereka: “Salam sejahtera atasmu. Tuhanmu telah menetapkan atas diri-Nya kasih sayang, bahwasanya siapa saja di antara kamu yang berbuat sesuatu kesalahan karena kebodohan, kemudian bertobat setelahnya dan memperbaiki (dirinya), maka sesungguhnya Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Arti Wa’alaikumussalam

Wa’alaikumussalam terdiri dari tiga kata, yaitu:

  • Wa: Huruf sambung yang menunjukkan hubungan antara dua kalimat.
  • ‘alaikumu: Kata ganti orang kedua jamak yang berarti “atasmu”.
  • salam: Kata benda yang berarti “keselamatan”.

Dengan demikian, arti Wa’alaikumussalam adalah “dan semoga keselamatan tercurah kepadamu”.

Hukum Mengucapkan Wa’alaikumussalam

Mengucapkan Wa’alaikumussalam hukumnya wajib bagi setiap Muslim yang mendengar salam dari Muslim lainnya. Hal ini berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW:

مَنْ لَمْ يُسَلِّمْ عَلَىٰ أَخِیهِ فَهُوَ خَلِيلُ الشَّیۡطَانِ

Barangsiapa yang tidak mengucapkan salam kepada saudaranya, maka ia adalah kekasih setan.

Wa’alaikumussalam dalam Bahasa Indonesia

Dalam bahasa Indonesia, Wa’alaikumussalam dapat diartikan sebagai “dan semoga keselamatan tercurah kepadamu”. Namun, dalam percakapan sehari-hari, Wa’alaikumussalam sering disingkat menjadi “waalaikumsalam” atau “waalaikum salam”.

Soal-soal Terkait Wa’alaikumussalam

Berikut adalah 10 soal terkait Wa’alaikumussalam beserta pembahasannya:

  1. Apa arti Wa’alaikumussalam?

Jawaban: Wa’alaikumussalam berarti “dan semoga

Check Also

Apa Keuntungan Penerapan E Budgeting Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *