Kapan Idul Adha 2023

Kapan Idul Adha 2023?

Idul Adha atau Hari Raya Kurban merupakan salah satu hari raya besar umat Islam yang dirayakan setiap tanggal 10 bulan Dzulhijjah dalam kalender Hijriah. Idul Adha diperingati untuk mengenang peristiwa pengorbanan Nabi Ibrahim yang rela mengorbankan putranya, Ismail, atas perintah Allah SWT.

Pada tahun 2023, Idul Adha jatuh pada hari Kamis, 29 Juni 2023. Penetapan ini dilakukan oleh pemerintah Indonesia melalui sidang isbat yang dilaksanakan pada Minggu, 18 Juni 2023. Hasil sidang isbat menetapkan bahwa 1 Zulhijah 1444 H jatuh pada Selasa, 20 Juni 2023. Dengan demikian, Idul Adha 1444 H jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023.

Pemerintah menetapkan Idul Adha berdasarkan hasil rukyatul hilal yang dilakukan oleh tim dari Kementerian Agama. Tim rukyatul hilal melihat hilal di 86 titik di seluruh Indonesia. Hasilnya, hilal telah terlihat di 30 titik, sehingga ditetapkan bahwa 1 Zulhijah 1444 H jatuh pada Selasa, 20 Juni 2023.

Selain pemerintah, Muhammadiyah juga menetapkan Idul Adha pada tahun 2023. Muhammadiyah menetapkan Idul Adha pada Rabu, 28 Juni 2023. Penetapan ini dilakukan berdasarkan perhitungan astronomis (hisab).

Pertanyaan Terkait Kapan Idul Adha 2023?

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan terkait kapan Idul Adha 2023 yang sering ditanyakan:

  • Kenapa Idul Adha 2023 berbeda antara pemerintah dan Muhammadiyah?

Perbedaan penetapan Idul Adha antara pemerintah dan Muhammadiyah disebabkan oleh perbedaan metode yang digunakan. Pemerintah menggunakan metode rukyatul hilal, sedangkan Muhammadiyah menggunakan metode hisab.

Metode rukyatul hilal adalah metode penetapan awal bulan Hijriah dengan cara melihat hilal. Jika hilal terlihat, maka ditetapkan bahwa bulan baru telah masuk.

Metode hisab adalah metode penetapan awal bulan Hijriah dengan menggunakan perhitungan astronomi. Metode ini menggunakan data-data astronomis, seperti posisi bulan dan matahari, untuk menentukan kapan awal bulan baru akan terjadi.

  • Apakah ada libur nasional untuk Idul Adha 2023?

Ya, ada libur nasional untuk Idul Adha 2023. Pemerintah menetapkan libur nasional untuk Idul Adha 2023 selama 3 hari, yaitu mulai dari tanggal 28 Juni hingga 30 Juni 2023.

  • Apa saja tradisi yang dilakukan umat Islam saat Idul Adha?

Tradisi yang dilakukan umat Islam saat Idul Adha antara lain:

  • Shalat Idul Adha

Shalat Idul Adha merupakan ibadah wajib yang dilakukan umat Islam pada hari Idul Adha. Shalat ini dilakukan dua rakaat dengan dua kali takbir pada rakaat pertama dan tujuh kali takbir pada rakaat kedua.

  • Menyembelih hewan kurban

Menyembelih hewan kurban merupakan salah satu ibadah yang paling utama saat Idul Adha. Hewan kurban yang disembelih biasanya berupa domba, sapi, atau unta. Daging kurban dibagikan kepada keluarga, tetangga, dan orang-orang yang membutuhkan.

  • Saling berkunjung

Umat Islam biasanya saling berkunjung saat Idul Adha. Hal ini dilakukan untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama umat Islam.

  • Memakai pakaian baru

Umat Islam biasanya memakai pakaian baru saat Idul Adha. Hal ini dilakukan untuk menyambut hari raya dengan sukacita.

Check Also

Apa arti dan makna dari kata Bravo?

Kata “bravo” adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Italia yang berarti “bagus” atau “hebat”. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *