Arti Al Malik

Arti Al Malik: Allah Yang Maha Merajai

Pengertian

Al Malik adalah salah satu dari 99 nama Allah SWT (Asmaul Husna) yang memiliki arti "Maha Merajai". Secara bahasa, kata "Al Malik" berasal dari kata "ملك" (malak) yang berarti "raja" atau "penguasa".

Makna

Makna dari Al Malik adalah bahwa Allah SWT adalah Raja yang Maha Suci, Maha Kuasa, Maha Mengatur, dan Maha Berkehendak. Allah SWT adalah Raja yang menguasai seluruh alam semesta, baik langit, bumi, maupun yang ada di antara keduanya. Allah SWT juga adalah Raja yang mengatur segala sesuatu sesuai dengan kehendak-Nya.

Dalil

Dalil yang menunjukkan makna Al Malik antara lain:

  • Surat Al Hasyr ayat 23:

هُوَ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْمَلِكُ الْقُدُّوسُ السَّلَامُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ الْعَزِيزُ الْجَبَّارُ الْمُتَكَبِّرُ سُبْحَانَ اللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ

Dialah Allah, tidak ada tuhan selain Dia, Raja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Mahamemelihara, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki segala keagungan. Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan.

  • Surat Ali Imran ayat 26:

إِنَّ رَبَّكُمُ اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ يُغْشِي اللَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهُ حَثِيثًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُومَ مُسَخَّرَاتٍ بِأَمْرِهِ أَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْأَمْرُ تَبَارَكَ اللَّهُ رَبُّ الْعَالَمِينَ

Sesungguhnya Tuhanmu ialah Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arasy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (Dia pula yang mengatur) matahari, bulan, dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk dengan perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Mahasuci Allah, Tuhan semesta alam.

Pertanyaan Terkait

Berikut adalah beberapa pertanyaan terkait arti Al Malik dan pembahasannya:

  • Apakah Allah SWT adalah satu-satunya Raja di alam semesta?

Ya, Allah SWT adalah satu-satunya Raja di alam semesta. Tidak ada satu pun makhluk yang memiliki kekuasaan yang setara dengan-Nya. Allah SWT adalah Raja yang Maha Suci, Maha Kuasa, Maha Mengatur, dan Maha Berkehendak.

  • Apakah kekuasaan Allah SWT terbatas?

Tidak, kekuasaan Allah SWT tidak terbatas. Allah SWT adalah Raja yang Maha Kuasa. Dia dapat melakukan apa pun yang Dia kehendaki. Tidak ada satu pun hal yang dapat menghalangi kehendak-Nya.

  • Apakah Allah SWT mengatur segala sesuatu di alam semesta?

Ya, Allah SWT mengatur segala sesuatu di alam semesta. Tidak ada satu pun hal yang terjadi di alam semesta ini tanpa kehendak-Nya. Allah SWT adalah Raja yang Maha Mengatur. Dia mengatur segala sesuatu sesuai dengan kehendak-Nya.

Kesimpulan

Arti Al Malik adalah bahwa Allah SWT adalah Raja yang Maha Suci, Maha Kuasa, Maha Mengatur, dan Maha Berkehendak. Allah SWT adalah Raja yang menguasai seluruh alam semesta, baik langit, bumi, maupun yang ada di antara keduanya. Allah SWT juga adalah Raja yang mengatur segala sesuatu sesuai dengan kehendak-Nya.

Check Also

Apa Keuntungan Penerapan E Budgeting Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *