Contoh Surat Pengalaman Kerja Pppk

Contoh Surat Pengalaman Kerja PPPK

Surat pengalaman kerja merupakan salah satu dokumen persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pelamar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Surat ini berfungsi untuk membuktikan bahwa calon pelamar telah memiliki pengalaman kerja di suatu instansi atau perusahaan.

Pada tahun 2023, surat pengalaman kerja PPPK menjadi salah satu persyaratan wajib bagi calon pelamar yang mendaftar pada formasi PPPK kebutuhan khusus. Formasi ini meliputi formasi guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.

Format surat pengalaman kerja PPPK secara umum telah ditetapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Namun, instansi atau perusahaan yang mengeluarkan surat tersebut dapat menyesuaikan format tersebut sesuai dengan kebutuhannya.

Berikut ini adalah contoh surat pengalaman kerja PPPK yang dapat dijadikan sebagai referensi:

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA

Nomor : 800/SK/PPK/2023

Pada hari ini, tanggal 20 Juli 2023, kami yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : [Nama Pejabat Penandatangan]

Jabatan : [Jabatan Pejabat Penandatangan]

Instansi/Lembaga : [Nama Instansi/Lembaga]

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa:

Nama : [Nama Calon Pelamar]

Tempat/Tanggal Lahir : [Tempat/Tanggal Lahir Calon Pelamar]

Pendidikan : [Pendidikan Calon Pelamar]

Jabatan : [Jabatan Calon Pelamar]

Adalah benar pernah bekerja pada [Nama Instansi/Lembaga] selama [Jumlah Tahun] tahun [Jumlah Bulan] bulan, terhitung mulai tanggal [Tanggal Mulai] sampai tanggal [Tanggal Selesai].

Adapun yang bersangkutan memiliki tugas harian, sebagai berikut:

  • [Tugas Harian 1]
  • [Tugas Harian 2]
  • [Tugas Harian 3]

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sesungguhnya untuk memenuhi persyaratan pelamaran Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

[Nama Kota], [Tanggal]

[Tanda Tangan Pejabat Penandatangan]

[Cap Stempel Instansi/Lembaga]

Keterangan:

  • Nama Pejabat Penandatangan dapat disesuaikan dengan jabatan pejabat yang berwenang mengeluarkan surat pengalaman kerja di instansi atau perusahaan tersebut.
  • Nama Instansi/Lembaga harus diisi dengan nama instansi atau perusahaan tempat calon pelamar bekerja.
  • Nama Calon Pelamar harus diisi dengan nama lengkap calon pelamar.
  • Tempat/Tanggal Lahir Calon Pelamar harus diisi dengan tempat dan tanggal lahir calon pelamar.
  • Pendidikan Calon Pelamar harus diisi dengan jenjang pendidikan terakhir yang pernah ditempuh oleh calon pelamar.
  • Jabatan Calon Pelamar harus diisi dengan jabatan yang pernah diduduki oleh calon pelamar.
  • Jumlah Tahun dan Jumlah Bulan harus diisi dengan jumlah tahun dan bulan yang telah dihabiskan oleh calon pelamar di instansi atau perusahaan tersebut.
  • Tanggal Mulai dan Tanggal Selesai harus diisi dengan tanggal mulai dan tanggal berakhirnya masa kerja calon pelamar di instansi atau perusahaan tersebut.
  • Tugas Harian harus diisi dengan tugas-tugas yang pernah dikerjakan oleh calon pelamar selama bekerja di instansi atau perusahaan tersebut.

Tips Menulis Surat Pengalaman Kerja PPPK

Berikut ini adalah beberapa tips menulis surat pengalaman kerja PPPK yang baik:

  • Gunakan bahasa yang formal dan jelas.
  • Pastikan semua informasi yang tertera di surat pengalaman kerja adalah benar dan akurat.
  • Tandatangani surat pengalaman kerja oleh pejabat yang berwenang.

Surat pengalaman kerja PPPK yang ditulis dengan baik akan memberikan kesan positif kepada instansi atau perusahaan yang akan merekrut calon pelamar. Oleh karena itu, penting bagi calon pelamar untuk memperhatikan tips-tips di atas saat menulis surat pengalaman kerja PPPK.

Check Also

Pertandingan Indonesia vs Thailand SEA Games 2023: Adu Kekuatan Tim Unggulan Asia Tenggara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *