Lokomotif CC201 adalah salah satu lokomotif diesel elektrik (DE) yang paling banyak digunakan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI). Lokomotif ini diproduksi oleh General Electric (GE) Transportation dengan model GE U18C.
Lokomotif CC201 pertama kali diimpor oleh KAI pada tahun 1982 sebanyak 100 unit. Lokomotif ini kemudian diimpor kembali secara bertahap hingga tahun 1992 sebanyak total 280 unit.
Lokomotif CC201 memiliki desain yang lebih ramping dibandingkan lokomotif-lokomotif diesel elektrik sebelumnya. Lokomotif ini juga memiliki daya yang lebih besar, yaitu 1.454 kW.
Lokomotif CC201 dapat digunakan untuk menarik berbagai jenis rangkaian kereta api, mulai dari kereta api penumpang, kereta api barang, hingga kereta api angkutan batubara.
Spesifikasi Teknis
Lokomotif CC201 memiliki spesifikasi teknis sebagai berikut:
- Kelas: CC (CoCo)
- Jenis: Diesel Elektrik
- Model: GE U18C
- Manufaktur: General Electric Transportation
- Tahun pembuatan: 1982-1992
- Jumlah: 280 unit
- Berat adhesi: 84 ton (83 ton panjang; 93 ton pendek)
- Daya ke generator/converter: 1.361 kW (1.825 hp)
- Tegangan operasi: 3 kV DC
- Diameter roda: 914 mm (1 yd 0 ft 0 in)
- Gaya traksi: 17.640 kgf (173.000 N; 38.900 lbf)
Generasi
Lokomotif CC201 terbagi menjadi tiga generasi, yaitu:
- Generasi pertama: Diimpor pada tahun 1982 sebanyak 100 unit. Lokomotif ini memiliki desain yang lebih klasik dengan radiator yang berukuran besar.
- Generasi kedua: Diimpor pada tahun 1983-1984 sebanyak 120 unit. Lokomotif ini memiliki desain yang lebih modern dengan radiator yang berukuran lebih kecil.
- Generasi ketiga: Diimpor pada tahun 1992 sebanyak 60 unit. Lokomotif ini memiliki desain yang sama dengan generasi kedua, tetapi memiliki beberapa perbedaan, seperti ukuran kaca depan yang lebih besar dan lampu kepala yang berbentuk persegi.
Daerah Operasi
Lokomotif CC201 beroperasi di seluruh daerah operasi dan divisi regional PT KAI. Lokomotif ini dapat ditemukan di berbagai jalur kereta api di Indonesia, mulai dari jalur kereta api di Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, hingga Sulawesi.
Penggunaan
Lokomotif CC201 dapat digunakan untuk menarik berbagai jenis rangkaian kereta api, mulai dari kereta api penumpang, kereta api barang, hingga kereta api angkutan batubara.
Untuk kereta api penumpang, lokomotif CC201 sering digunakan untuk menarik kereta api jarak jauh, seperti Argo Bromo Anggrek, Argo Parahyangan, dan Senja Utama Solo. Lokomotif ini juga digunakan untuk menarik kereta api komuter, seperti KRD Prambanan Ekspres dan KRD Commuter Line.
Untuk kereta api barang, lokomotif CC201 sering digunakan untuk menarik kereta api angkutan batubara. Lokomotif ini juga digunakan untuk menarik kereta api angkutan container dan kereta api angkutan lainnya.
Kontribusi
Lokomotif CC201 telah memberikan kontribusi yang besar bagi PT KAI. Lokomotif ini telah membantu PT KAI dalam melayani berbagai kebutuhan transportasi kereta api di Indonesia.
Lokomotif CC201 memiliki beberapa keunggulan, yaitu:
- Daya yang besar, yaitu 1.454 kW, sehingga dapat menarik rangkaian kereta api yang berat.
- Desain yang ramping, sehingga dapat beroperasi di jalur kereta api yang sempit.
- Biaya perawatan yang relatif rendah.
Lokomotif CC201 telah menjadi ikon kereta api Indonesia. Lokomotif ini telah menjadi bagian dari sejarah dan perkembangan perkeretaapian di Indonesia.
Masa Depan
Lokomotif CC201 masih akan terus digunakan oleh PT KAI dalam beberapa tahun ke depan. Namun, PT KAI juga mulai mengoperasikan lokomotif-lokomotif diesel elektrik yang lebih baru, seperti lokomotif CC206 dan CC207.
Lokomotif CC201 yang sudah tua akan dirucat