Ya Asyiqol Lirik

Ya Asyiqol Lirik: Sebuah Sholawat yang Menggugah Rindu

Sholawat adalah salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan dalam Islam. Sholawat merupakan pujian dan doa kepada Nabi Muhammad SAW. Sholawat memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah untuk memperoleh syafaat dari Nabi Muhammad SAW, mendapatkan ketenangan hati, dan mempererat tali persaudaraan sesama muslim.

Salah satu sholawat yang populer di kalangan umat Islam adalah sholawat Ya Asyiqol. Sholawat ini memiliki lirik yang indah dan menyentuh hati. Lirik sholawat Ya Asyiqol bercerita tentang kerinduan umat Islam kepada Nabi Muhammad SAW.

Lirik Sholawat Ya Asyiqol

Lirik sholawat Ya Asyiqol terdiri dari tiga bait. Bait pertama bercerita tentang kerinduan umat Islam kepada Nabi Muhammad SAW. Bait kedua bercerita tentang kecintaan umat Islam kepada Nabi Muhammad SAW. Bait ketiga bercerita tentang harapan umat Islam untuk bertemu dengan Nabi Muhammad SAW di akhirat kelak.

Berikut adalah lirik sholawat Ya Asyiqol dalam bahasa Arab, Latin, dan terjemahan:

Arab

يا حبيبي يا محمد يا نور قلبي يا سيدي يا شفيع أمتي يوم الدين يا حبيبي يا محمد يا نبي الهدى يا شفيعي يا من بعثت للناس رحمة يا من فتحت لنا طريق النجاة يا حبيبي يا محمد يا من صلى الله عليه وسلم يا من كرمه الله العظيم يا من نال الشرف في الدنيا والآخرة يا حبيبي يا محمد 

Latin

Ya habibi ya Muhammad Ya nur qolbi ya sayyidi Ya syafi'i ummati yaumiddin Ya habibi ya Muhammad Ya nabiyul hidayah ya syafi'i Ya man ba'utsita li al-nas rohmah Ya man fatakhta lana thoriqon najaah Ya habibi ya Muhammad Ya man shollallaahu 'alaihi wasallam Ya man karromahullahu al-'adhiim Ya man naala as-syaraf fid dunya wal aakhirah Ya habibi ya Muhammad 

Terjemahan

Wahai kekasihku, wahai Muhammad Wahai cahaya hatiku, wahai pemimpinku Wahai penolong umatku di hari kiamat Wahai kekasihku, wahai Muhammad Wahai nabi hidayah, wahai penolongku Wahai yang diutus untuk manusia sebagai rahmat Wahai yang membukakan bagi kami jalan keselamatan Wahai kekasihku, wahai Muhammad Wahai yang diberkati Allah SWT Wahai yang dimuliakan Allah Yang Maha Agung Wahai yang memperoleh kemuliaan di dunia dan akhirat Wahai kekasihku, wahai Muhammad 

Makna Lirik Sholawat Ya Asyiqol

Lirik sholawat Ya Asyiqol mengandung makna yang mendalam. Lirik sholawat ini menggambarkan kecintaan dan kerinduan umat Islam kepada Nabi Muhammad SAW.

Pada bait pertama, lirik sholawat Ya Asyiqol menggambarkan kerinduan umat Islam kepada Nabi Muhammad SAW. Umat Islam merindukan kehadiran Nabi Muhammad SAW untuk memberikan bimbingan dan petunjuk kepada mereka.

Pada bait kedua, lirik sholawat Ya Asyiqol menggambarkan kecintaan umat Islam kepada Nabi Muhammad SAW. Umat Islam mencintai Nabi Muhammad SAW karena beliau adalah nabi terakhir yang diutus oleh Allah SWT.

Pada bait ketiga, lirik sholawat Ya Asyiqol menggambarkan harapan umat Islam untuk bertemu dengan Nabi Muhammad SAW di akhirat kelak. Umat Islam berharap dapat bertemu dengan Nabi Muhammad SAW untuk mendapatkan syafaat dari beliau.

Sejarah Sholawat Ya Asyiqol

Sholawat Ya Asyiqol diperkirakan berasal dari Mesir. Sholawat ini pertama kali dipopulerkan oleh seorang ulama Mesir bernama Syekh Ibrahim Muhammad Al-Bajuri. Syekh Al-Bajuri adalah seorang ulama yang ahli dalam bidang tasawuf.

Sholawat Ya Asyiqol kemudian dibawa ke Indonesia oleh para ulama dan pedagang dari Mesir. Sholawat ini mulai populer di Indonesia pada awal abad ke-20.

Pengaruh Sholawat Ya Asyiqol

Sholawat Ya Asyiqol telah memberikan pengaruh yang besar bagi umat Islam di Indonesia. Sholawat ini telah menjadi salah satu sholawat yang paling populer di Indonesia.

Sholawat Ya Asyiqol sering dilantunkan dalam berbagai acara keagamaan, seperti Maulid Nabi

Check Also

Apa arti dan makna dari kata Bravo?

Kata “bravo” adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Italia yang berarti “bagus” atau “hebat”. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *