Doa Maulid Nabi

Doa Maulid Nabi: Hikmah, Keutamaan, dan Contoh Bacaan

Maulid Nabi adalah peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal. Perayaan Maulid Nabi merupakan salah satu tradisi yang telah lama ada dalam masyarakat Islam. Dalam rangka memperingati Maulid Nabi, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa-doa dan sholawat.

Hikmah dan Keutamaan Doa Maulid Nabi

Membaca doa Maulid Nabi memiliki beberapa hikmah dan keutamaan, antara lain:

  • Meneladani sunnah Rasulullah SAW. Rasulullah SAW sendiri sering membaca doa-doa dan sholawat, termasuk pada hari kelahirannya.
  • Memanjatkan permohonan kepada Allah SWT. Doa Maulid Nabi biasanya berisi permohonan-permohonan kepada Allah SWT, seperti permohonan keselamatan, kebahagiaan, dan keberkahan.
  • Mempererat silaturahmi antar sesama Muslim. Perayaan Maulid Nabi sering kali diisi dengan berbagai kegiatan yang melibatkan umat Islam dari berbagai kalangan.

Jenis-Jenis Doa Maulid Nabi

Doa Maulid Nabi dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Doa umum. Doa umum adalah doa yang dapat dibaca oleh umat Islam pada umumnya, tanpa memandang madzhab atau alirannya.
  • Doa khusus. Doa khusus adalah doa yang disusun oleh ulama tertentu, biasanya sesuai dengan madzhab atau alirannya.

Contoh Bacaan Doa Maulid Nabi

Berikut ini adalah beberapa contoh bacaan doa Maulid Nabi:

  • Doa umum

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Artinya:

Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah melimpahkan shalawat dan salam kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Agung. Dan berkahilah Nabi Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah memberkahi Nabi Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Agung.

  • Doa khusus (madzhab Syafi’i)

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ، اللَّهُمَّ اجْعَلْنَا فِي هَذَا الْيَوْمِ مِنْ أَوْلِيَائِكَ وَأَحِبَّائِكَ وَأَتْبَاعِ رَسُولِكَ، اللَّهُمَّ أَعِنَّا عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ، اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَلِوَالِدِيْنَا وَلِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَأَحْيِنَا مُسْلِمِيْنَ وَتَوَفَّنَا مُسْلِمِيْنَ، وَأَدْخِلْنَا الْجَنَّ

Check Also

Apa arti dan makna dari kata Bravo?

Kata “bravo” adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Italia yang berarti “bagus” atau “hebat”. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *