Doa Setelah Mandi Wajib

Mandi wajib merupakan salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat Islam dalam situasi tertentu, seperti setelah berhubungan intim, setelah haid, dan setelah nifas. Selain membersihkan diri dari hadas besar, mandi wajib juga memiliki beberapa keutamaan, di antaranya adalah dapat menghapus dosa-dosa kecil dan melapangkan hati.

Setelah selesai mandi wajib, dianjurkan untuk membaca doa agar mandi wajib yang dilakukan diterima oleh Allah SWT. Doa tersebut dapat dibaca setelah selesai berwudhu dan sebelum memakai pakaian.

Berikut ini adalah bacaan doa setelah mandi wajib beserta artinya:

doa setelah mandi wajib

Berikut ini adalah 7 poin penting tentang doa setelah mandi wajib:

  • Dibaca setelah selesai mandi wajib
  • Sebelum memakai pakaian
  • Menghapus dosa-dosa kecil
  • M melapangkan hati
  • Dapat dibaca setelah berwudhu
  • Memohon ampunan Allah SWT
  • Sebagai bentuk syukur

Dengan membaca doa setelah mandi wajib, diharapkan ibadah yang dilakukan menjadi lebih sempurna dan diterima oleh Allah SWT.

Dibaca setelah selesai mandi wajib

Doa setelah mandi wajib dibaca setelah selesai mandi wajib dan sebelum memakai pakaian. Hal ini bertujuan untuk menyempurnakan ibadah mandi wajib dan memohon ampunan Allah SWT atas dosa-dosa yang telah diperbuat.

Waktu terbaik untuk membaca doa setelah mandi wajib adalah setelah selesai berwudhu. Namun, jika tidak sempat berwudhu, doa setelah mandi wajib tetap dapat dibaca tanpa berwudhu.

Doa setelah mandi wajib dapat dibaca dalam bahasa Arab atau bahasa Indonesia. Berikut ini adalah bacaan doa setelah mandi wajib beserta artinya dalam bahasa Indonesia:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلأَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Saya niat mandi untuk menghilangkan hadas besar fardhu karena Allah Ta’ala.

اللَّهُمَّ اغْسِلْ خَطِيئَتِي وَ طَهِّرْ قَلْبِي وَ ثَبِّتْ لِي يَقِينِي وَ أَعِذْنِي مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Ya Allah, bersihkanlah dosaku, sucikanlah hatiku, teguhkanlah keyakinanku, dan lindungilah aku dari setan yang terkutuk.

Dengan membaca doa setelah mandi wajib, diharapkan ibadah mandi wajib yang dilakukan menjadi lebih sempurna dan diterima oleh Allah SWT.

Sebelum memakai pakaian

Doa setelah mandi wajib dibaca sebelum memakai pakaian. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesucian tubuh setelah mandi wajib dan sebagai bentuk penghormatan kepada Allah SWT.

Selain itu, membaca doa setelah mandi wajib sebelum memakai pakaian juga merupakan salah satu sunnah Rasulullah SAW. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ اغْتَسَلَ فَلْيَقُلْ: اللَّهُمَّ اغْسِلْ خَطِيئَتِي وَ طَهِّرْ قَلْبِي وَ ثَبِّتْ لِي يَقِينِي وَ أَعِذْنِي مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Barangsiapa yang mandi (wajib), maka hendaklah ia mengucapkan: Ya Allah, bersihkanlah dosaku, sucikanlah hatiku, teguhkanlah keyakinanku, dan lindungilah aku dari setan yang terkutuk. (HR. Abu Dawud)

Dari hadits tersebut, dapat diketahui bahwa Rasulullah SAW menganjurkan untuk membaca doa setelah mandi wajib sebelum memakai pakaian. Hal ini menunjukkan bahwa membaca doa setelah mandi wajib sebelum memakai pakaian memiliki keutamaan tersendiri.

Selain itu, membaca doa setelah mandi wajib sebelum memakai pakaian juga dapat membantu kita untuk lebih fokus dan lebih siap dalam menjalankan ibadah selanjutnya.

Dengan demikian, sangat dianjurkan untuk membaca doa setelah mandi wajib sebelum memakai pakaian. Hal ini sebagai bentuk penghormatan kepada Allah SWT, sebagai bentuk kesyukuran atas nikmat mandi wajib, dan sebagai bentuk perlindungan diri dari godaan setan.

Menghapus dosa-dosa kecil

Salah satu keutamaan membaca doa setelah mandi wajib adalah dapat menghapus dosa-dosa kecil. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits Rasulullah SAW:

  • Membaca doa setelah mandi wajib dapat menghapus dosa-dosa kecil

    Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

    مَنْ اغْتَسَلَ فَقَالَ: أَشْهَدُ أَنْ لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ وَحْدَهُ لا شَرِيكَ لَهُ، وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ، غُفِرَتْ لَهُ خَطَايَاهُ

    Barangsiapa yang mandi (wajib) lalu berkata: “Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya, dan bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya”, maka dosa-dosanya akan diampuni. (HR. Muslim)

  • Membaca doa setelah mandi wajib dapat menghapus dosa-dosa kecil yang dilakukan antara dua mandi wajib

    Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

    إِذَا اغْتَسَلَ الْعَبْدُ، أَوِ الْأَمَةُ، لِصَلَاةٍ مَكْتُوبَةٍ، غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الصَّلَاةِ الَّتِي قَبْلَهَا

    Apabila seorang hamba laki-laki atau hamba perempuan mandi untuk shalat fardhu, maka dosa-dosanya diampuni di antara shalat tersebut dengan shalat sebelumnya. (HR. Muslim)

  • Membaca doa setelah mandi wajib dapat menghapus dosa-dosa kecil yang dilakukan antara dua hari Jumat

    Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

    مَنِ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ غُسْلًا، ثُمَّ رَاحَ إِلَى الْجُمُعَةِ فَاسْتَمَعَ وَأَنْصَتَ، غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْجُمُعَةِ الَّتِي قَبْلَهَا

    Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat, kemudian berangkat ke shalat Jumat, lalu mendengarkan (khutbah) dan diam, maka dosa-dosanya di antara Jumat tersebut dengan Jumat sebelumnya diampuni. (HR. Bukhari dan Muslim)

  • Membaca doa setelah mandi wajib dapat menghapus dosa-dosa kecil yang dilakukan antara dua bulan Ramadhan

    Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

    مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ، كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

    Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian dilanjutkan dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka pahalanya seperti puasa selama setahun. (HR. Muslim)

Demikianlah beberapa keutamaan membaca doa setelah mandi wajib, salah satunya adalah dapat menghapus dosa-dosa kecil. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk membaca doa setelah mandi wajib agar dosa-dosa kecil kita diampuni oleh Allah SWT.

M melapangkan hati

Salah satu keutamaan membaca doa setelah mandi wajib adalah dapat melapangkan hati. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits Rasulullah SAW:

  • Membaca doa setelah mandi wajib dapat melapangkan hati dan menghilangkan kesedihan

    Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

    مَنْ اغْتَسَلَ فَرَفَعَ رَأْسَهُ إِلَى السَّمَاءِ، ثُمَّ قَالَ: أَشْهَدُ أَنْ لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ وَحْدَهُ لا شَرِيكَ لَهُ، وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ، انْشَرَحَ صَدْرُهُ وَأَذْهَبَ اللَّهُ عَنْهُ الْهَمَّ وَالْحُزْنَ

    Barangsiapa yang mandi (wajib) lalu mengangkat kepalanya ke langit, kemudian berkata: “Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya, dan bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya”, maka Allah akan melapangkan dadanya dan menghilangkan kesedihan dan kegundahan darinya. (HR. Ahmad)

  • Membaca doa setelah mandi wajib dapat melapangkan hati dan memudahkan urusan

    Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

    مَنِ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ، وَبَكَّرَ وَأَصَابَ السَّاعَةَ، وَاسْتَمَعَ وَأَنْصَتَ حَتَّى يَفْرُغَ الإِمَامُ، ثُمَّ صَلَّى مَعَهُ، غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْجُمُعَةِ الَّتِي قَبْلَهَا، وَثَلَاثَةَ أَيَّامٍ أُخَرَ

    Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat, berangkat pagi-pagi, mendapatkan waktu (shalat Jumat), mendengarkan (khutbah) dan diam hingga imam selesai, kemudian shalat bersama imam, maka dosa-dosanya di antara Jumat tersebut dengan Jumat sebelumnya diampuni, dan tiga hari berikutnya. (HR. Muslim)

  • Membaca doa setelah mandi wajib dapat melapangkan hati dan menenangkan jiwa

    Air memiliki sifat yang menenangkan dan menyejukkan. Ketika kita mandi, air akan membasuh tubuh kita dan menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel. Hal ini dapat membuat kita merasa lebih segar dan lebih tenang. Selain itu, membaca doa setelah mandi wajib juga dapat membantu kita untuk lebih fokus dan lebih dekat dengan Allah SWT. Dengan demikian, hati kita akan menjadi lebih lapang dan jiwa kita akan menjadi lebih tenang.

  • Membaca doa setelah mandi wajib dapat melapangkan hati dan memudahkan rezeki

    Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

    مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبَسِّطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ، وَيُنْسَأَ لَهُ فِي أَجَلِهِ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ، وَلْيُكْثِرْ مِنَ الِاغْتِسَالِ

    Barangsiapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi dan memperbanyak mandi. (HR. Ahmad)

Demikianlah beberapa keutamaan membaca doa setelah mandi wajib, salah satunya adalah dapat melapangkan hati. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk membaca doa setelah mandi wajib agar hati kita menjadi lebih lapang dan jiwa kita menjadi lebih tenang.

Dapat dibaca setelah berwudhu

Doa setelah mandi wajib dapat dibaca setelah berwudhu. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits Rasulullah SAW:

مَنْ تَوَضَّأَ فَقَالَ: أَشْهَدُ أَنْ لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ وَحْدَهُ لا شَرِيكَ لَهُ، وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ، اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِينَ، وَاجْعَلْنِي مِنَ الْمُتَطَهِّرِينَ، غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Barangsiapa yang berwudhu lalu berkata: “Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya, dan bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang mensucikan diri”, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni. (HR. Muslim)

Dari hadits tersebut, dapat diketahui bahwa membaca doa setelah berwudhu dapat menghapus dosa-dosa kecil yang telah lalu. Hal ini menunjukkan bahwa membaca doa setelah berwudhu memiliki keutamaan tersendiri.

Selain itu, membaca doa setelah berwudhu juga dapat membantu kita untuk lebih fokus dan lebih siap dalam menjalankan ibadah selanjutnya. Doa setelah berwudhu juga dapat menjadi pengingat bagi kita untuk selalu menjaga kesucian wudhu kita.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk membaca doa setelah berwudhu, baik sebelum maupun setelah mandi wajib. Dengan membaca doa setelah berwudhu, kita dapat memperoleh keutamaan-keutamaan yang telah disebutkan di atas.

Demikianlah penjelasan tentang keutamaan membaca doa setelah mandi wajib, yaitu dapat menghapus dosa-dosa kecil, melapangkan hati, dapat dibaca setelah berwudhu, dan sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita tentang pentingnya membaca doa setelah mandi wajib.

Memohon ampunan Allah SWT

Salah satu keutamaan membaca doa setelah mandi wajib adalah dapat memohon ampunan Allah SWT. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam beberapa hadits Rasulullah SAW, di antaranya:

  • Membaca doa setelah mandi wajib dapat menghapus dosa-dosa kecil dan memohon ampunan Allah SWT

    Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

    مَنْ اغْتَسَلَ فَرَفَعَ رَأْسَهُ إِلَى السَّمَاءِ، ثُمَّ قَالَ: أَشْهَدُ أَنْ لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ وَحْدَهُ لا شَرِيكَ لَهُ، وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ، انْشَرَحَ صَدْرُهُ وَأَذْهَبَ اللَّهُ عَنْهُ الْهَمَّ وَالْحُزْنَ، وَغُفِرَتْ لَهُ ذُنُوبُهُ

    Barangsiapa yang mandi (wajib) lalu mengangkat kepalanya ke langit, kemudian berkata: “Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya, dan bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya”, maka Allah akan melapangkan dadanya, menghilangkan kesedihan dan kegundahan darinya, dan mengampuni dosa-dosanya. (HR. Ahmad)

  • Membaca doa setelah mandi wajib dapat memohon ampunan Allah SWT atas dosa-dosa yang telah diperbuat

    Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

    اللَّهُمَّ اغْسِلْ خَطِيئَتِي وَ طَهِّرْ قَلْبِي وَ ثَبِّتْ لِي يَقِينِي وَ أَعِذْنِي مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

    Ya Allah, bersihkanlah dosaku, sucikanlah hatiku, teguhkanlah keyakinanku, dan lindungilah aku dari setan yang terkutuk. (HR. Abu Dawud)

  • Membaca doa setelah mandi wajib dapat memohon ampunan Allah SWT atas dosa-dosa yang disengaja maupun yang tidak disengaja

    Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

    اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوبِي، ظَاهِرَهَا وَبَاطِنَهَا، وَأَوَّلَهَا وَآخِرَهَا، وَعَامَّتَهَا وَخَاصَّتَهَا

    Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku, yang lahir maupun yang batin, yang pertama maupun yang terakhir, yang umum maupun yang khusus. (HR. Bukhari dan Muslim)

  • Membaca doa setelah mandi wajib dapat memohon ampunan Allah SWT atas dosa-dosa yang dilakukan antara dua mandi wajib

    Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

    مَنْ اغْتَسَلَ لِصَلَاةٍ مَكْتُوبَةٍ، ثُمَّ رَاحَ إِلَيْهَا فَصَلَّاهَا، غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الصَّلَاةِ الَّتِي قَبْلَهَا

    Barangsiapa yang mandi untuk shalat fardhu, kemudian berangkat ke masjid dan melaksanakannya, maka dosa-dosanya diampuni di antara shalat tersebut dengan shalat sebelumnya. (HR. Muslim)

Demikianlah beberapa keutamaan membaca doa setelah mandi wajib, salah satunya adalah dapat memohon ampunan Allah SWT. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk membaca doa setelah mandi wajib agar dosa-dosa kita diampuni oleh Allah SWT.

Sebagai bentuk syukur

Membaca doa setelah mandi wajib juga merupakan bentuk syukur kepada Allah SWT. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits Rasulullah SAW:

مَنْ اغْتَسَلَ ثُمَّ قَالَ: “الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَنْعَمَ عَلَيَّ بِالْمَاءِ الْبَارِدِ، وَجَعَلَهُ لِي طَهُورًا، وَلَمْ يَجْعَلْهُ لِي نُجْسًا، فَلَهُ الْجَنَّةُ

Barangsiapa yang mandi kemudian berkata: “Segala puji bagi Allah yang telah menganugerahkan kepadaku air yang sejuk dan menjadikannya untukku sebagai alat bersuci, dan tidak menjadikannya untukku sebagai najis, maka baginya surga.” (HR. Abu Dawud)

Dari hadits tersebut, dapat diketahui bahwa membaca doa setelah mandi wajib sambil bersyukur kepada Allah SWT dapat menjadi penyebab masuk surga. Hal ini menunjukkan bahwa membaca doa setelah mandi wajib sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT memiliki keutamaan yang sangat besar.

Selain itu, membaca doa setelah mandi wajib sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT juga dapat membuat kita lebih menghargai nikmat air. Air merupakan salah satu nikmat Allah SWT yang sangat besar. Dengan air, kita dapat membersihkan diri, minum, memasak, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat air yang telah diberikan-Nya.

Dengan membaca doa setelah mandi wajib sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT, diharapkan kita dapat lebih menghargai nikmat air dan lebih bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan-Nya.

Demikianlah penjelasan tentang keutamaan membaca doa setelah mandi wajib, yaitu dapat menghapus dosa-dosa kecil, melapangkan hati, dapat dibaca setelah berwudhu, memohon ampunan Allah SWT, dan sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita tentang pentingnya membaca doa setelah mandi wajib.

Check Also

Yang Termasuk Upaya Menghadapi Globalisasi Dalam Bidang Budaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *