Hasil Sidang Ppki Tanggal 18 Agustus 1945

Hasil Sidang PPKI 18 Agustus 1945

Pada tanggal 18 Agustus 1945, Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) mengadakan sidang pertamanya di Jakarta. Sidang ini dipimpin oleh Ir. Soekarno dan dihadiri oleh 27 orang anggota PPKI.

Sidang pertama PPKI membahas tiga hal penting, yaitu:

  1. Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden
  2. Penetapan UUD 1945
  3. Pembentukan Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP)

Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden

Pada sidang pertama ini, Ir. Soekarno dan Drs. Muhammad Hatta terpilih secara aklamasi sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. Pemilihan ini dilakukan dengan cara musyawarah dan mufakat.

Pemilihan Ir. Soekarno sebagai Presiden Republik Indonesia tidak terlepas dari peranannya dalam memimpin perjuangan kemerdekaan Indonesia. Ia merupakan tokoh yang sangat dihormati oleh rakyat Indonesia. Sedangkan, Drs. Muhammad Hatta dipilih sebagai Wakil Presiden karena memiliki kemampuan dan pengalaman yang mumpuni dalam bidang pemerintahan.

Penetapan UUD 1945

Pada sidang pertama ini, PPKI juga mengesahkan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 sebagai dasar negara Republik Indonesia. UUD 1945 terdiri dari Pembukaan, Batang Tubuh, dan Penjelasan.

Pembukaan UUD 1945 berisi empat pokok pikiran yang menjadi dasar negara Indonesia, yaitu:

  • Ketuhanan Yang Maha Esa
  • Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
  • Persatuan Indonesia
  • Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan

Batang Tubuh UUD 1945 berisi peraturan-peraturan pokok yang mengatur kehidupan bernegara Indonesia. Batang Tubuh UUD 1945 terdiri dari 37 pasal.

Penjelasan UUD 1945 berisi penjelasan mengenai pasal-pasal yang ada dalam Batang Tubuh UUD 1945. Penjelasan UUD 1945 dibuat oleh PPKI pada tahun 1945.

Pembentukan Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP)

Pada sidang pertama ini, PPKI juga membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP). KNIP merupakan badan legislatif sementara yang bertugas membantu Presiden dan Wakil Presiden dalam menjalankan pemerintahan.

KNIP terdiri dari 27 orang anggota yang dipilih oleh PPKI. KNIP diketuai oleh Ir. Soekarno.

Hasil sidang pertama PPKI ini merupakan tonggak penting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia. Ketiga hasil sidang ini menjadi dasar bagi pembangunan dan perkembangan bangsa Indonesia.

Pengaruh Hasil Sidang PPKI 18 Agustus 1945

Hasil sidang PPKI 18 Agustus 1945 memiliki pengaruh yang besar bagi bangsa Indonesia. Ketiga hasil sidang ini menjadi dasar bagi pembangunan dan perkembangan bangsa Indonesia, yaitu:

  • Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden

Pemilihan Ir. Soekarno sebagai Presiden dan Drs. Muhammad Hatta sebagai Wakil Presiden merupakan simbol persatuan bangsa Indonesia. Kedua tokoh ini mewakili berbagai golongan dan agama yang ada di Indonesia.

  • Penetapan UUD 1945

Penetapan UUD 1945 sebagai dasar negara Republik Indonesia menjadi landasan bagi pembangunan dan perkembangan bangsa Indonesia. UUD 1945 berisi nilai-nilai Pancasila yang menjadi pedoman bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

  • Pembentukan KNIP

Pembentukan KNIP merupakan upaya untuk mewujudkan kedaulatan rakyat. KNIP bertugas membantu Presiden dan Wakil Presiden dalam menjalankan pemerintahan.

Secara keseluruhan, hasil sidang PPKI 18 Agustus 1945 merupakan tonggak penting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia. Ketiga hasil sidang ini menjadi dasar bagi pembangunan dan perkembangan bangsa Indonesia.

Check Also

Pertandingan Indonesia vs Thailand SEA Games 2023: Adu Kekuatan Tim Unggulan Asia Tenggara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *