Zakat Menurut Bahasa Artinya

Zakat Menurut Bahasa Artinya

Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap muslim yang memenuhi syarat. Zakat memiliki arti yang sangat penting dalam Islam, baik secara spiritual maupun sosial.

Zakat Menurut Bahasa

Secara bahasa, zakat berasal dari kata zaka yang berarti tumbuh, berkembang, dan suci. Zakat juga berarti bersih, suci, dan berkah.

Dari segi makna, zakat memiliki beberapa arti, yaitu:

  • Tumbuh. Zakat dapat diartikan sebagai pertumbuhan dan perkembangan harta yang dimiliki oleh seseorang. Zakat dapat membuat harta menjadi lebih berkah dan bermanfaat bagi orang lain.
  • Suci. Zakat dapat diartikan sebagai penyucian diri dan harta dari sifat-sifat tercela, seperti kikir, tamak, dan rakus.
  • Berkah. Zakat dapat diartikan sebagai keberkahan yang Allah berikan kepada harta yang dikeluarkan zakatnya.

Zakat Menurut Istilah

Secara istilah, zakat adalah bagian dari harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh muslim yang memenuhi syarat kepada golongan tertentu dengan syarat-syarat tertentu pula.

Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap muslim yang telah memenuhi syarat. Zakat wajib dikeluarkan pada harta tertentu, seperti emas, perak, hewan ternak, hasil pertanian, dan perdagangan.

Zakat Menurut Al-Qur’an

Zakat disebutkan dalam Al-Qur’an sebanyak 32 kali. Salah satu ayat yang menjelaskan tentang zakat adalah sebagai berikut:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اٰتُواْ زَكٰوةَ اَمْوَالِكُمْ طُهْرَةً لَّكُمْ وَتَزْكِيَةًۗ وَلِلْمَسٰكِيْنِ وَالْمَسٰكِيْنِ وَالْعَامِلِيْنَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوْبُهُمْ وَفِي الرِّقَابِ وَالْغَارِمِيْنَ وَفِي سَبِيْلِ اللّٰهِ وَاِبْنِ السَّبِيْلِۗ فَرِيْضَةً مِّنَ اللّٰهِۗ وَاللّٰهُ عَلِيْمٌ حَكِيْمٌ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, keluarkanlah zakat dari sebagian hartamu yang Allah telah menjadikannya untukmu sebagai pokok kehidupan, agar Dia menyucikan kamu dan mensucikan hartamu. Dan nafkahkanlah sebagian dari apa yang telah Kami rezekikan kepadamu, sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu, lalu dia berkata, "Ya Rabbku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, agar aku dapat bersedekah dan menjadi salah seorang dari orang-orang yang saleh?"

(QS. At-Taubah: 103)

Kesimpulan

Zakat merupakan ibadah yang sangat penting dalam Islam. Zakat memiliki arti yang sangat luas, baik secara spiritual maupun sosial. Zakat dapat membuat harta menjadi lebih berkah dan bermanfaat bagi orang lain.

Check Also

Kunci Jawaban Buku Detik Detik Kelas 6 2020 Ipa Halaman 192

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *