Provinsi Terkecil Di Indonesia

Provinsi Terkecil di Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, dengan luas wilayah mencapai 1.904.569 kilometer persegi. Luas wilayah ini terdiri dari daratan seluas 1.811.570 kilometer persegi dan lautan seluas 83.000 kilometer persegi.

Dengan luas wilayah yang begitu luas, Indonesia memiliki 34 provinsi yang tersebar di seluruh wilayahnya. Dari 34 provinsi tersebut, terdapat beberapa provinsi yang memiliki luas wilayah yang kecil. Provinsi-provinsi tersebut memiliki luas wilayah yang kurang dari 10.000 kilometer persegi.

Berikut adalah daftar provinsi terkecil di Indonesia berdasarkan luas wilayahnya:

Peringkat Provinsi Luas Wilayah (km2)
1 DKI Jakarta 664,01
2 Daerah Istimewa Yogyakarta 3.133,67
3 Kepulauan Riau 257.965
4 Bangka Belitung 16.424
5 Gorontalo 12.468
6 Kalimantan Utara 75.507
7 Maluku Utara 17.106
8 Papua Barat 30.602

DKI Jakarta

DKI Jakarta merupakan provinsi terkecil di Indonesia dengan luas wilayah hanya 664,01 kilometer persegi. Provinsi ini terdiri dari 5 kota administrasi dan 1 kabupaten administrasi. Kota-kota administrasi tersebut adalah Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara. Sedangkan kabupaten administrasinya adalah Kepulauan Seribu.

DKI Jakarta merupakan ibu kota negara Indonesia dan pusat pemerintahan, ekonomi, dan budaya. Provinsi ini memiliki penduduk paling padat di Indonesia, yaitu mencapai 10,64 juta jiwa.

Daerah Istimewa Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan provinsi terkecil kedua di Indonesia dengan luas wilayah 3.133,67 kilometer persegi. Provinsi ini terdiri dari 4 kabupaten dan 1 kota. Kabupaten-kabupaten tersebut adalah Bantul, Gunungkidul, Kulon Progo, dan Sleman. Sedangkan kotanya adalah Yogyakarta.

DIY merupakan provinsi yang memiliki keistimewaan tersendiri, yaitu memiliki otonomi khusus yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2000. Provinsi ini juga memiliki budaya yang kaya dan beraneka ragam.

Kepulauan Riau

Kepulauan Riau merupakan provinsi terkecil ketiga di Indonesia dengan luas wilayah 257.965 kilometer persegi. Provinsi ini terdiri dari 9 kabupaten dan 2 kota. Kabupaten-kabupaten tersebut adalah Bintan, Karimun, Kepulauan Anambas, Lingga, Natuna, Pesisir Barat, Rokan Hilir, Siak, dan Tanjungpinang. Sedangkan kota-kotanya adalah Batam dan Tanjung Pinang.

Kepulauan Riau merupakan provinsi yang kaya akan potensi maritim. Provinsi ini memiliki banyak pulau-pulau kecil yang tersebar di wilayahnya.

Bangka Belitung

Bangka Belitung merupakan provinsi terkecil keempat di Indonesia dengan luas wilayah 16.424 kilometer persegi. Provinsi ini terdiri dari 2 kabupaten dan 1 kota. Kabupaten-kabupaten tersebut adalah Bangka dan Belitung. Sedangkan kotanya adalah Pangkal Pinang.

Bangka Belitung merupakan provinsi yang kaya akan sumber daya alam, terutama batu bara dan timah. Provinsi ini juga memiliki potensi pariwisata yang cukup besar.

Gorontalo

Gorontalo merupakan provinsi terkecil kelima di Indonesia dengan luas wilayah 12.468 kilometer persegi. Provinsi ini terdiri dari 3 kabupaten dan 1 kota. Kabupaten-kabupaten tersebut adalah Bone Bolango, Gorontalo, dan Pohuwato. Sedangkan kotanya adalah Gorontalo.

Gorontalo merupakan provinsi yang memiliki potensi pertanian yang cukup besar. Provinsi ini juga memiliki potensi pariwisata yang cukup menarik.

Kesimpulan

Provinsi-provinsi terkecil di Indonesia memiliki luas wilayah yang relatif kecil dibandingkan provinsi-provinsi lainnya. Namun, provinsi-provinsi tersebut memiliki potensi yang besar, baik di bidang ekonomi, budaya, maupun pariwisata.

Check Also

Sebutkan Gangguan Keamanan Yang Terjadi Pada Masa Kemerdekaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *