Dzikir Setelah Sholat Dhuha

Dzikir Setelah Sholat Dhuha: Penjelasan Lengkap dan Keutamaannya

Sholat dhuha adalah salah satu sholat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan oleh umat Muslim. Sholat ini memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah dapat membuka pintu rezeki.

Setelah mengerjakan sholat dhuha, dianjurkan untuk membaca dzikir. Dzikir merupakan salah satu ibadah yang sangat dicintai oleh Allah SWT. Dengan berdzikir, kita dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon segala macam kebaikan dari-Nya.

Berikut adalah beberapa dzikir yang dapat dibaca setelah sholat dhuha:

  • Bacaan istighfar sebanyak 10 kali:

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ

Artinya:

"Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Besar, yang tiada Tuhan selain Dia, Yang Maha Hidup, Yang Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya."

  • Bacaan tasbih sebanyak 100 kali:
سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ 

Artinya:

"Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya."

  • Bacaan tahmid sebanyak 100 kali:
الْحَمْدُ لِلَّهِ 

Artinya:

"Segala puji bagi Allah."

  • Bacaan tahlil sebanyak 100 kali:

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Artinya:

"Tidak ada Tuhan selain Allah, Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Milik-Nyalah segala kerajaan dan segala puji. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu."

  • Bacaan doa dhuha:

اللَّهُمَّ هَذَا الدُّحَاءُ، فَصَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَأَهْلِ بَيْتِهِ، اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ أَنْ تَبْلُغَنَا بِهِ شَرَفَ الدُّنْيَا وَجَنَّةَ الْآخِرَةِ، اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ أَنْ تَجْعَلَهُ عَلَيْنَا دَوَاءً وَشِفَاءً، وَعَافِيَةً وَسَلَامَةً، وَحِرْزًا مِنْ كُلِّ شَرٍّ، اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ أَنْ تَحَبِّبَنَا إِلَيْكَ وَإِلَى مَلَائِكَتِكَ وَإِلَى خَلْقِكَ كُلِّهِمْ، اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ أَنْ تَجْعَلَنَا مِنْ أَوْلِيَائِكَ وَأَنْ تُدْخِلَنَا فِي رَحْمَتِكَ، اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ أَنْ تَفْعَلَ بِنَا مَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنَّا

Check Also

Upaya Menghadapi Globalisasi Iptek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *