Doa Sholat Tahajud

Doa Sholat Tahajud: Tata Cara, Keutamaan, dan Bacaan

Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari. Sholat ini merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

"Sebaik-baik shalat setelah shalat fardhu adalah shalat malam." (HR. Muslim)

Sholat tahajud juga disebut dengan sholat qiyamul lail, sholat lail, atau sholat malam. Sholat ini dikerjakan setelah tidur lebih dahulu, meskipun tidurnya hanya sebentar saja.

Waktu Sholat Tahajud

Waktu sholat tahajud dimulai setelah isya hingga menjelang subuh. Waktu yang paling utama untuk melaksanakan sholat tahajud adalah sepertiga malam terakhir. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

"Rabb-mu turun ke langit dunia pada sepertiga malam terakhir. Dia berfirman: "Siapa yang berdoa kepada-Ku, Aku akan mengabulkan doanya. Siapa yang meminta kepada-Ku, Aku akan memberinya. Siapa yang memohon ampun kepada-Ku, Aku akan mengampuninya." (HR. Bukhari dan Muslim)

Tata Cara Sholat Tahajud

Tata cara sholat tahajud sama dengan tata cara sholat pada umumnya, yaitu:

  1. Niat
  2. Takbiratul ihram
  3. Membaca surat al-Fatihah
  4. Membaca surat atau ayat Al-Qur’an
  5. Ruku’
  6. Itidal
  7. Sujud
  8. Duduk di antara dua sujud
  9. Sujud kedua
  10. Tasyahud akhir
  11. Salam

Jumlah rakaat sholat tahajud minimal dua rakaat dan maksimal tidak terbatas. Jika ingin mengerjakan sholat tahajud lebih dari dua rakaat, maka setiap dua rakaat diakhiri dengan salam.

Keutamaan Sholat Tahajud

Sholat tahajud memiliki banyak keutamaan, di antaranya:

  • Diampuni dosa-dosanya
  • Dikabulkan doanya
  • Ditinggikan derajatnya
  • Dimudahkan rezekinya
  • Dilindungi dari godaan setan
  • Diperoleh ketenangan hati dan jiwa

Bacaan Doa Sholat Tahajud

Setelah selesai sholat tahajud, dianjurkan untuk membaca doa. Berikut adalah beberapa doa yang dapat dibaca setelah sholat tahajud:

  • Doa memohon ampunan:
"Astaghfirullahal-'adziim, alladzi laa ilaha illa huwal-hayyul-qayyuum wa atubu ilaihi." 

Artinya:

"Aku memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya."

  • Doa memohon hidayah:

"Allahummahdinii fiman hadait, wa ‘aafinii fiman ‘aafait, wa tawallanii fiman tawallait, wa barik lii fiimaa a’thait, wa qini syarra maa qadhait, fa innaka taqdhii walaa yuqdha ‘alaik, wa innahu laa yadzillu man walait, wa laa ya’izzu man ‘aadait, tabaarakta rabbanaa wa ta’aalait."

Artinya:

"Ya Allah, berilah aku petunjuk sebagaimana orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk, berilah aku ampunan sebagaimana orang-orang yang telah Engkau beri ampunan, berilah aku teman sebagaimana orang-orang yang telah Engkau jadikan teman, dan berkahilah aku dalam pemberian yang telah Engkau berikan kepadaku, dan lindungilah aku dari keburukan yang telah Engkau tetapkan. Sesungguhnya Engkau Yang Maha Menetapkan, dan tidak ada yang dapat menetapkan atas-Mu. Sesungguhnya tidak akan hina orang yang Engkau pimpin, dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Suci Engkau, wahai Tuhan kami, dan Maha Tinggi."

  • Doa memohon segala kebaikan:

"Allahumma innii as’aluka birahmatika allatii wasi’at kulla syai-in, an taghfir lii, wa tarhamnii, wa tahtadir lii, wa tajaawaz ‘annii."

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan rahmat-Mu yang meliputi segala sesuatu, agar Engkau mengampuniku, menyayangiku, mencukupiku, dan memaafkan aku."

Demikianlah penjelasan tentang doa sholat tahajud. Semoga kita semua

Check Also

Pertandingan Indonesia vs Thailand SEA Games 2023: Adu Kekuatan Tim Unggulan Asia Tenggara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *