Contoh Silabus
Silabus merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang penting bagi guru. Silabus berfungsi sebagai pedoman dalam penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Silabus juga dapat digunakan sebagai acuan dalam mengembangkan bahan ajar, media pembelajaran, dan penilaian.
Silabus disusun oleh guru berdasarkan Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Silabus harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:
- Lengkap dan rinci
- Memuat komponen-komponen yang diperlukan
- Aktual dan relevan
- Sistematis dan logis
- Berorientasi pada pencapaian kompetensi
- Memberikan arah yang jelas bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran
Silabus disusun untuk setiap mata pelajaran pada setiap satuan pendidikan. Silabus dapat disusun oleh guru secara mandiri atau berkelompok.
Berikut ini adalah contoh silabus untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII semester 1:
Nama Sekolah
SMP Negeri 1 Bandung
Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
VII/1
Alokasi Waktu
6 x 45 menit
Standar Kompetensi
- Membaca
Kompetensi Dasar
1.1 Menentukan isi pokok teks nonfiksi
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1 Menentukan isi pokok teks nonfiksi yang dibaca secara tepat
1.1.2 Menyimpulkan isi pokok teks nonfiksi yang dibaca secara tepat
Materi Pokok
- Pengertian teks nonfiksi
- Jenis-jenis teks nonfiksi
- Isi pokok teks nonfiksi
Kegiatan Pembelajaran
- Pendahuluan
- Guru mengucapkan salam dan mengajak siswa berdoa
- Guru mengecek kehadiran siswa
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
- Inti
- Guru menjelaskan pengertian teks nonfiksi
- Guru menjelaskan jenis-jenis teks nonfiksi
- Guru menjelaskan isi pokok teks nonfiksi
- Guru memberikan contoh teks nonfiksi
- Guru meminta siswa untuk membaca teks nonfiksi
- Guru meminta siswa untuk menentukan isi pokok teks nonfiksi yang dibaca
- Guru meminta siswa untuk menyimpulkan isi pokok teks nonfiksi yang dibaca
- Penutup
- Guru memberikan penguatan
- Guru memberikan tugas
- Guru mengucapkan salam
Penilaian
- Penilaian sikap
- Penilaian pengetahuan
- Penilaian keterampilan
Sumber Belajar
- Buku teks pelajaran
- Majalah
- Koran
- Internet
Refleksi
- Guru merefleksi pembelajaran yang telah dilakukan
- Guru melakukan perbaikan dan penyempurnaan pembelajaran di pertemuan berikutnya
Penjelasan Komponen Silabus
Berikut ini adalah penjelasan komponen-komponen silabus:
- Nama sekolah
Nama sekolah dituliskan untuk menunjukkan identitas sekolah yang menyusun silabus tersebut.
- Mata pelajaran
Mata pelajaran dituliskan dengan jelas dan lengkap.
- Kelas/semester
Kelas dan semester dituliskan untuk menunjukkan tingkatan kelas dan semester yang menggunakan silabus tersebut.
- Alokasi waktu
Alokasi waktu dituliskan untuk menunjukkan jumlah jam pelajaran yang dialokasikan untuk mata pelajaran tersebut.
- Standar kompetensi
Standar kompetensi merupakan pernyataan umum tentang pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dikuasai oleh peserta didik pada setiap tingkat dan/atau semester tertentu.
- Kompetensi dasar
Kompetensi dasar merupakan penjabaran dari standar kompetensi yang menjadi acuan dalam pengembangan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan penilaian.
- Indikator pencapaian kompetensi
Indikator pencapaian kompetensi merupakan rumusan kemampuan yang dapat diobservasi atau diukur untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar.
- Materi pokok
Materi pokok merupakan substansi pembelajaran yang terdiri dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dikuasai oleh peserta didik dalam rangka mencapai kompetensi dasar.
- Kegiatan pembelajaran
Kegiatan pembelajaran merupakan rangkaian aktivitas yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.
- Penilaian
Penilaian merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.
- Sumber belajar
Sumber belajar merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai media untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Semoga artikel ini dapat memberikan penjelasan yang lengkap dan bermanfaat tentang contoh silabus.