Contoh Tembung Saroja

Contoh Tembung Saroja dalam Bahasa Jawa

Bahasa Jawa memiliki banyak kekayaan kosakata yang unik dan menarik. Salah satu kekayaan kosakata bahasa Jawa adalah tembung saroja. Tembung saroja adalah dua kata yang memiliki arti sama atau hampir sama, kemudian digabungkan menjadi satu dan dipakai secara bersamaan.

Pada dasarnya, tembung saroja memiliki fungsi untuk memperjelas dan mempertegas makna dari kata pertama yang diucapkan. Misalnya, kata ayu yang berarti cantik, jika digabungkan dengan kata tegal yang juga berarti cantik, maka akan menjadi ayu tegal yang berarti sangat cantik.

Selain itu, tembung saroja juga memiliki fungsi untuk memperindah bahasa. Penggunaan tembung saroja dalam percakapan sehari-hari dapat membuat bahasa menjadi lebih menarik dan bervariasi.

Berikut ini adalah beberapa contoh tembung saroja dalam bahasa Jawa:

  • Ayu tegal (sangat cantik)
  • Alam awang-awang (luas tak berbatas)
  • Asem pedhes (asam dan pedas)
  • Babak bundas (babak belur)
  • Bandha donya (harta benda)
  • Bela sungkawa (ucapan duka cita)
  • Blaka suta (terus terang)
  • Bramantyo (tampan)

Contoh kalimat yang menggunakan tembung saroja:

  • Ayu tegal panganten anyar iki (Pengantin baru itu sangat cantik)
  • Alam awang-awang ing langit iku (Langit yang luas tak berbatas itu)
  • Asem pedhes rasane sambel iki (Sambel ini rasanya asam dan pedas)
  • Wong iku babak bundas amarga kecelakaan (Orang itu babak belur karena kecelakaan)
  • Bandha donya ora bakal abadi (Harta benda tidak akan kekal)
  • Keluarga korban musibah kasebut ngucapake bela sungkawa (Keluarga korban musibah itu mengucapkan duka cita)
  • Sapa wae sing ngerti tegese blaka suta? (Siapa saja yang tahu arti blaka suta?)
  • Pangerane iku bramantyo (Pangerannya itu tampan)

Itulah beberapa contoh tembung saroja dalam bahasa Jawa. Penggunaan tembung saroja dapat memperjelas, mempertegas, dan memperindah bahasa.

Check Also

Uji Kompetensi Hal 155 Seni Budaya Kelas 8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *