Sasaran Tinggi Ditunjukkan Ke Arah Berikut Kecuali

Sasaran Tinggi Ditunjukkan Ke Arah Berikut Kecuali

Dalam pencak silat, sasaran serangan dibagi menjadi dua, yaitu sasaran tinggi dan sasaran rendah. Sasaran tinggi adalah bagian tubuh yang berada di atas pinggang, sedangkan sasaran rendah adalah bagian tubuh yang berada di bawah pinggang.

Sasaran tinggi dalam pencak silat ditujukan ke arah berikut:

  • Dada
  • Perut (pusat ke atas)
  • Rusuk kiri maupun kanan
  • Punggung atau sisi belakang badan

Sedangkan sasaran rendah dalam pencak silat ditujukan ke arah berikut:

  • Paha
  • Betis
  • Lutut
  • Kaki

Jadi, jawaban dari pertanyaan "Sasaran tinggi ditujukan ke arah berikut kecuali" adalah pinggang. Hal ini dikarenakan pinggang adalah bagian tubuh yang paling rendah, sehingga tidak termasuk dalam kategori sasaran tinggi.

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai sasaran tinggi dan sasaran rendah dalam pencak silat:

Sasaran Tinggi

Sasaran tinggi dalam pencak silat memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan sasaran rendah. Pertama, sasaran tinggi lebih sulit dijangkau oleh lawan. Kedua, serangan ke sasaran tinggi dapat memberikan efek yang lebih fatal, seperti melumpuhkan lawan atau bahkan menyebabkan kematian.

Oleh karena itu, sasaran tinggi sering digunakan oleh pesilat dalam pertandingan atau pertempuran. Serangan ke sasaran tinggi dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai macam teknik, seperti pukulan, tendangan, dan sabetan.

Sasaran Rendah

Sasaran rendah dalam pencak silat memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan sasaran tinggi. Pertama, sasaran rendah lebih mudah dijangkau oleh lawan. Kedua, serangan ke sasaran rendah dapat memberikan efek yang lebih cepat, seperti merobohkan lawan atau bahkan menjatuhkan lawan.

Oleh karena itu, sasaran rendah sering digunakan oleh pesilat dalam pertahanan. Serangan ke sasaran rendah dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai macam teknik, seperti tendangan, sapuan, dan kuncian.

Kesimpulan

Sasaran tinggi dalam pencak silat ditujukan ke arah dada, perut, rusuk, dan punggung. Sedangkan sasaran rendah dalam pencak silat ditujukan ke arah paha, betis, lutut, dan kaki. Jawaban dari pertanyaan "Sasaran tinggi ditujukan ke arah berikut kecuali" adalah pinggang.

Check Also

Kehidupan Sosial Masyarakat Indonesia Pada Masa Demokrasi Parlementer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *