Kunci Jawaban Pai Kelas 11 Semester 2

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Semester 2

Penilaian Akhir Semester (PAS) merupakan salah satu bentuk evaluasi yang dilaksanakan oleh sekolah untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa selama satu semester. PAS biasanya dilaksanakan di akhir semester ganjil atau semester genap.

Salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam PAS adalah Pendidikan Agama Islam (PAI). Untuk membantu siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi PAS, berikut ini adalah kunci jawaban PAI kelas 11 semester 2.

Kunci Jawaban Pilihan Ganda

Berikut ini adalah kunci jawaban pilihan ganda PAI kelas 11 semester 2:

Soal 1:

Perilaku yang menunjukkan bahwa seseorang beriman kepada kitab Allah adalah…

  • Meyakini bahwa kitab Allah adalah wahyu dari Allah SWT.
  • Membaca dan mempelajari kitab Allah.
  • Mengamalkan ajaran-ajaran yang terdapat dalam kitab Allah.
  • Menjadikan kitab Allah sebagai pedoman hidup.

Jawaban: (D)

Pembahasan:

Orang yang beriman kepada kitab Allah akan meyakini bahwa kitab Allah adalah wahyu dari Allah SWT. Ia juga akan membaca dan mempelajari kitab Allah, mengamalkan ajaran-ajaran yang terdapat di dalamnya, dan menjadikan kitab Allah sebagai pedoman hidup.

Soal 2:

Berikut ini adalah kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada para nabi, kecuali…

  • Taurat
  • Zabur
  • Injil
  • Al-Qur’an
  • Al-Furqan

Jawaban: (E)

Pembahasan:

Al-Furqan adalah nama lain dari Al-Qur’an. Oleh karena itu, Al-Furqan tidak termasuk dalam daftar kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada para nabi.

Soal 3:

Bukti bahwa Al-Qur’an adalah kitab suci yang benar adalah…

  • Al-Qur’an diturunkan oleh Allah SWT.
  • Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.
  • Al-Qur’an berisi ajaran-ajaran yang baik.
  • Al-Qur’an telah terbukti kebenarannya.

Jawaban: (D)

Pembahasan:

Al-Qur’an adalah kitab suci yang benar karena telah terbukti kebenarannya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya mukjizat yang menyertai diturunkannya Al-Qur’an, seperti terbelahnya bulan oleh Nabi Muhammad SAW, dan turunnya hujan dari langit ketika Nabi Muhammad SAW berdoa.

Kunci Jawaban Esai

Berikut ini adalah kunci jawaban esai PAI kelas 11 semester 2:

Soal 1:

Jelaskan pengertian iman kepada kitab Allah!

Jawaban:

Iman kepada kitab Allah adalah meyakini dengan sepenuh hati bahwa kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada para nabi adalah wahyu dari Allah SWT. Iman kepada kitab Allah juga berarti meyakini bahwa kitab-kitab Allah tersebut berisi kebenaran dan merupakan pedoman hidup bagi umat manusia.

Pembahasan:

Iman kepada kitab Allah merupakan salah satu rukun iman yang wajib diyakini oleh setiap muslim. Iman kepada kitab Allah berarti meyakini bahwa kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada para nabi adalah wahyu dari Allah SWT. Hal ini dibuktikan dengan adanya mukjizat yang menyertai diturunkannya kitab-kitab tersebut.

Soal 2:

Sebutkan dan jelaskan fungsi kitab Allah!

Jawaban:

Fungsi kitab Allah adalah sebagai berikut:

  • Sebagai pedoman hidup: Kitab Allah diturunkan sebagai pedoman hidup bagi umat manusia. Kitab Allah berisi ajaran-ajaran yang baik dan benar yang dapat dijadikan sebagai petunjuk dalam menjalani kehidupan.
  • Sebagai sumber hukum: Kitab Allah juga merupakan sumber hukum bagi umat Islam. Ajaran-ajaran yang terdapat dalam kitab Allah merupakan dasar hukum yang harus dipatuhi oleh umat Islam.
  • Sebagai sumber ilmu pengetahuan: Kitab Allah juga merupakan sumber ilmu pengetahuan. Kitab Allah berisi berbagai macam ilmu pengetahuan, seperti ilmu sejarah, ilmu sosial, ilmu alam, dan ilmu agama.

Pembahasan:

Kitab Allah diturunkan oleh Allah SWT untuk umat manusia sebagai pedoman hidup, sumber hukum, dan sumber ilmu pengetahuan. Kitab Allah berisi ajaran-ajaran yang baik dan benar yang dapat dijadikan sebagai petunjuk dalam menjalani kehidupan. Ajaran-ajaran tersebut juga merupakan dasar hukum yang harus dipatuhi oleh umat Islam. Selain itu, kitab Allah juga merupakan sumber ilmu pengetahuan yang dapat memberikan manfaat bagi umat manusia.

Penutup

Kunci jawaban PAI kelas 11 semester 2 ini dapat dijadikan sebagai panduan bagi siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi PAS. Siswa dapat menggunakan kunci jawaban ini untuk mengoreksi hasil belajarnya. Selain itu, kunci jawaban ini juga dapat dijadikan sebagai bahan belajar bagi siswa yang ingin menambah wawasannya tentang

Check Also

Kunci Jawaban Buku Detik Detik Kelas 6 2020 Ipa Halaman 192

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *