Contoh Perubahan Wujud Zat Dari Gas Menjadi Padat Adalah

Contoh Perubahan Wujud Zat Dari Gas Menjadi Padat

Perubahan wujud zat adalah peristiwa perubahan bentuk atau struktur suatu zat dari satu wujud ke wujud yang lain. Perubahan wujud zat dapat terjadi karena dua faktor utama, yaitu suhu dan tekanan. Perubahan wujud zat dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:

  • Menguap adalah perubahan wujud zat dari cair menjadi gas.
  • Membeku adalah perubahan wujud zat dari cair menjadi padat.
  • Menyublim adalah perubahan wujud zat dari padat langsung menjadi gas tanpa melalui wujud cair.

Perubahan wujud zat dari gas menjadi padat disebut dengan mengkristal. Proses mengkristal terjadi karena adanya pelepasan energi panas dari zat.

Berikut adalah beberapa contoh perubahan wujud zat dari gas menjadi padat:

  • Terbentuknya salju

Salju terbentuk dari uap air di udara yang mengalami perubahan wujud menjadi padat. Proses ini terjadi karena adanya penurunan suhu di atmosfer. Uap air yang suhunya mencapai titik beku akan mengembun menjadi titik-titik air. Titik-titik air ini kemudian akan saling bergabung dan membentuk kristal es yang disebut dengan salju.

  • Pembuatan dry ice

Dry ice adalah padatan karbon dioksida yang biasa digunakan untuk pendingin. Pembuatan dry ice dilakukan dengan cara mendinginkan karbon dioksida cair hingga suhu -78,5°C. Pada suhu ini, karbon dioksida akan berubah wujud menjadi padat tanpa melalui fase cair.

  • Pembuatan es krim

Es krim dibuat dengan cara membekukan campuran susu, gula, dan bahan lainnya. Proses pembekuan ini dilakukan dengan cara memasukkan campuran tersebut ke dalam mesin es krim. Mesin es krim akan bekerja dengan cara mengedarkan campuran tersebut ke dalam tabung yang suhunya sangat rendah. Pada suhu ini, campuran tersebut akan membeku dan membentuk es krim.

  • Pembuatan garam

Garam dapur dibuat dengan cara menguapkan air laut. Air laut yang menguap akan menyisakan garam yang kemudian akan dikristalkan.

  • Pembakaran

Pada proses pembakaran, bahan bakar akan bereaksi dengan oksigen dan menghasilkan energi panas. Energi panas ini akan menyebabkan gas-gas yang dihasilkan dari pembakaran, seperti karbon dioksida dan air, berubah wujud menjadi padat. Karbon dioksida yang berubah wujud menjadi padat disebut dengan jelaga. Air yang berubah wujud menjadi padat disebut dengan embun asap.

Itulah beberapa contoh perubahan wujud zat dari gas menjadi padat. Perubahan wujud zat ini dapat kita temukan di lingkungan sekitar kita.

Check Also

Musyawarah Untuk Mencapai Mufakat Yang Berlandaskan Semangat Kekeluargaan Adalah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *