Berkat SSW 42 Pemuda Garut Siap Kerja di Jepang

Garut, 28 Desember 2023 – Pemerintah Kabupaten Garut menggelar wisuda dan pelepasan peserta pelatihan Bahasa Jepang Specified Skilled Worker (SSW) di Gedung Pendopo Garut, Rabu (27/12/2023). Acara ini merupakan bagian dari Garut Festival Tahun 2023 yang berlangsung dari tanggal 27 hingga 28 Desember 2023.

Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengatakan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk membekali peserta dengan keahlian khusus untuk bekerja di Jepang. Ia menekankan pentingnya pelatihan kompetensi bagi pemuda, terutama dalam menghadapi tantangan ketenagakerjaan dan keterbatasan ekonomi.

Sebanyak 42 pemuda dan pemudi dari 42 kecamatan di Kabupaten Garut mengikuti pelatihan ini. Mereka terpilih berdasarkan keterampilan dan kondisi ekonomi yang kurang memadai.

“Saya ingin ini untuk seluruh Kabupaten Garut menerima harapan-harapan seperti itu, APBD kita cukup, malahan kita (ada pertanyaan) bagaimana ini untuk mengentaskan kemiskinan,” kata Bupati Garut.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Garut, Erna Sugiarti, menjelaskan bahwa pelatihan ini diadakan untuk mempersiapkan sumber daya manusia Garut agar kompeten dalam program penempatan kerja di Jepang. Peserta telah mengikuti pelatihan intensif di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja (BLK) Garut selama 6 bulan, dari 1 Mei hingga 4 November 2023.

Melalui pelatihan yang secara boarding, 42 peserta telah lulus Uji Kompetensi SSW Pertanian, 21 peserta di antaranya telah lulus Japan Foundation Test for Basic Japanese (JFT) A2 Basic. Tujuh peserta telah diterima di perusahaan Jepang dan siap berangkat, sementara sisanya menunggu wawancara dengan perusahaan lain.

Berkenaan dengan Gentra Karya Job Fair 4.0 2023, tambah Erna, diikuti oleh 20 perusahaan dan menawarkan 11.702 lowongan kerja, baik dalam maupun luar negeri.

Pada acara tersebut, Bupati Garut juga memberikan penghargaan kepada 11 SMK di Kabupaten Garut yang telah berhasil mengadakan job fair dan berkolaborasi dengan Gentra Karya di tahun 2023. SMK-SMK ini telah berhasil menyerap ribuan tenaga kerja melalui Bursa Kerja Khusus (BKK) mereka.

Kegiatan ini diharapkan dapat membuka lebih banyak peluang bagi pemuda Garut untuk berkarir dan berkompetisi di kancah global.

Check Also

JUKNIS PENYALURAN BANTUAN INSENTIF BAGI GURU NON ASN TAHUN 2023

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan bantuan insentif kepada guru …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *