Bahasa Inggris Sekolahan

Bahasa Inggris Sekolahan: Pengertian, Tujuan, dan Strategi Pembelajaran

Bahasa Inggris sekolahan adalah bahasa Inggris yang dipelajari di sekolah-sekolah formal, baik sekolah dasar, sekolah menengah pertama, maupun sekolah menengah atas. Bahasa Inggris sekolahan memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dengan bahasa Inggris yang digunakan dalam konteks lain, seperti bahasa Inggris percakapan atau bahasa Inggris profesional.

Pengertian Bahasa Inggris Sekolahan

Bahasa Inggris sekolahan adalah bahasa Inggris yang diajarkan di sekolah-sekolah formal dengan tujuan untuk membekali siswa dengan keterampilan berbahasa Inggris yang memadai untuk memenuhi tuntutan pendidikan dan kehidupan bermasyarakat. Bahasa Inggris sekolahan mencakup berbagai aspek bahasa, seperti tata bahasa, kosakata, dan keterampilan berbahasa (listening, speaking, reading, dan writing).

Tujuan Pembelajaran Bahasa Inggris Sekolahan

Tujuan pembelajaran bahasa Inggris sekolahan secara umum adalah untuk membekali siswa dengan keterampilan berbahasa Inggris yang memadai untuk memenuhi tuntutan pendidikan dan kehidupan bermasyarakat. Secara lebih rinci, tujuan pembelajaran bahasa Inggris sekolahan dapat dikelompokkan menjadi beberapa kategori, yaitu:

  • Tujuan akademik, yaitu membekali siswa dengan keterampilan berbahasa Inggris yang diperlukan untuk mengikuti pembelajaran di sekolah, seperti memahami penjelasan guru, membaca buku pelajaran, dan menulis laporan.
  • Tujuan praktis, yaitu membekali siswa dengan keterampilan berbahasa Inggris yang diperlukan untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari, seperti memperkenalkan diri, bercakap-cakap dengan orang asing, dan membaca petunjuk.
  • Tujuan budaya, yaitu membekali siswa dengan pemahaman tentang budaya Inggris dan budaya-budaya lain yang menggunakan bahasa Inggris.

Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Sekolahan

Strategi pembelajaran bahasa Inggris sekolahan yang efektif harus disesuaikan dengan karakteristik bahasa Inggris sekolahan dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Secara umum, strategi pembelajaran bahasa Inggris sekolahan dapat dikelompokkan menjadi dua kategori, yaitu:

  • Strategi pembelajaran berorientasi pada keterampilan, yaitu strategi pembelajaran yang berfokus pada pengembangan keterampilan berbahasa tertentu, seperti keterampilan mendengarkan (listening), berbicara (speaking), membaca (reading), dan menulis (writing).
  • Strategi pembelajaran berorientasi pada kompetensi komunikasi, yaitu strategi pembelajaran yang berfokus pada pengembangan kompetensi komunikasi bahasa Inggris secara menyeluruh.

Pertanyaan dan Penyelesaian

Berikut adalah 10 pertanyaan dan penyelesaian yang berkaitan dengan bahasa Inggris sekolahan:

Pertanyaan 1: Apa perbedaan antara bahasa Inggris sekolahan dan bahasa Inggris percakapan?

Penyelesaian:

Bahasa Inggris sekolahan dan bahasa Inggris percakapan memiliki beberapa perbedaan, antara lain:

  • Keterampilan yang ditekankan. Bahasa Inggris sekolahan lebih menekankan pada keterampilan berbahasa secara formal, seperti tata bahasa, kosakata, dan keterampilan membaca dan menulis. Sedangkan bahasa Inggris percakapan lebih menekankan pada keterampilan berbahasa secara informal, seperti pengucapan, intonasi, dan keterampilan berbicara.
  • Konteks penggunaan. Bahasa Inggris sekolahan umumnya digunakan dalam konteks formal, seperti di sekolah, di kantor, atau di acara-acara resmi. Sedangkan bahasa Inggris percakapan umumnya digunakan dalam konteks informal, seperti di rumah, di lingkungan pertemanan, atau di media sosial.
  • Gaya bahasa. Bahasa Inggris sekolahan umumnya menggunakan gaya bahasa yang formal dan baku. Sedangkan bahasa Inggris percakapan umumnya menggunakan gaya bahasa yang informal dan kasual.

Pertanyaan 2: Apa tujuan pembelajaran bahasa Inggris sekolahan di Indonesia?

Penyelesaian:

Tujuan pembelajaran bahasa Inggris sekolahan di Indonesia secara umum adalah untuk membekali siswa dengan keterampilan berbahasa Inggris yang memadai untuk memenuhi tuntutan pendidikan dan kehidupan bermasyarakat. Secara lebih rinci, tujuan pembelajaran bahasa Inggris sekolahan di Indonesia dapat dikelompokkan menjadi beberapa kategori, yaitu:

  • Meningkatkan kemampuan siswa untuk memahami dan menggunakan bahasa Inggris dalam konteks akademik.
  • Meningkatkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris dalam konteks kehidupan sehari-hari.
  • Meningkatkan pemahaman siswa tentang budaya Inggris dan budaya-budaya lain yang menggunakan bahasa Inggris.

Pertanyaan 3: Apa saja keterampilan berbahasa yang perlu dipelajari dalam bahasa Inggris sekolahan?

Penyelesaian:

Keterampilan berbahasa yang perlu dipelajari dalam bahasa Inggris sekolahan adalah keterampilan mendengarkan (listening), berbicara (speaking), membaca (reading), dan menulis (writing). Keterampilan-keterampilan tersebut saling berkaitan dan saling melengkapi.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris?

Penyelesaian:

Ada banyak cara untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris. Beberapa cara yang dapat dilakukan antara lain:

  • Belajar secara rutin. Belajar bahasa Inggris secara rutin akan membantu siswa untuk menguasai keterampilan-keterampilan berbahasa Inggris secara bertahap.
  • Menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Semakin sering siswa menggunakan bahasa Inggris

Check Also

Sikap Positif Pelajar Yang Menunjukkan Semangat Kebangsaan Di Lingkungan Sekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *