Minggu , Juni 23 2024

Bupati Garut Apresiasi Guru, Donasi Rp 420 Juta untuk Palestina

Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) dan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Tingkat Kabupaten Garut Tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Garut melalui keluarga besar Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Garut menyalurkan donasi kemanusiaan sebesar Rp. 444.029.000 untuk Palestina.

Bupati Garut menyerahkan bantuan untuk Palestina
Bupati Garut menyerahkan bantuan untuk Palestina

Bupati Garut mengungkapkan bahwa dari total donasi itu, sekitar Rp. 420 juta berasal dari para guru di Kabupaten Garut yang tergabung dalam PGRI. Dalam sambutannya, Bupati mengapresiasi empati luar biasa para guru terhadap warga Palestina yang mengalami penindasan dari zionis Israel.

“Terima kasih para Guru, terima kasih, kita mempunyai empati luar biasa terhadap muslim saudara-saudara kita di Palestina, semoga ini menjadi amal ibadah bagi kita semua,” ungkap Bupati Garut.

Bupati Garut juga menyampaikan doa untuk para korban di Palestina, berharap agar mereka yang wafat dalam keadaan syahid, dan mendoakan keselamatan bagi warga Palestina serta semua kaum muslimin dan muslimat di dunia.

“Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala selalu memberikan perlindungan kepada kita semua, khususnya warga Palestina,” ucapnya.

Puisi siswi SMP Garut untuk Palestina
Puisi siswi SMP Garut untuk Anak- anak Palestina

Puisi “Kepada Anak-Anak Palestina” karya Hadi AKS yang dibacakan oleh siswi SMPN 1 Kadungora, Azzahra Syalwalanisa, menambah nuansa doa dan solidaritas untuk Palestina dalam acara tersebut. Rudy mengapresiasi penampilan puisi Hadi AKS itu.

“Tentu kita kenapa di Hari Guru (ada doa bersama untuk Palestina), karena ini kan merupakan bagian dari komitmen anak-anak yang tadi dipuisikan ya, bahwa anak-anak di sana menjadi korban, maka empati anak-anak Garut yang dipuisikan, ini menjadi momentum sebagai satu solidiritas terhadap Palestina,” ungkapnya.

Di sisi lain, Hari Guru Nasional Tahun 2023, yang mengusung tema “Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar,” membawa kebahagiaan bagi 6 ribu guru di Kabupaten Garut yang telah memiliki kejelasan status melalui Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Meski demikian, acara ini juga menjadi momen perpisahan bagi Bupati Garut dan Wakil Bupati Garut yang akan mengakhiri kepemimpinannya setelah hampir satu dekade pada akhir tahun 2023 ini. Ia menyampaikan salam perpisahan, mengakui kegembiraan para guru atas kejelasan status PPPK, sambil berharap warga Garut tetap dalam keadaan sehat.

“Tapi di samping ada kegembiraan juga kami sampaikan salam perpisahan, karena 10 tahun bersama mereka, mereka telah mengabdi, mereka kelihatannya juga mendoakan kita semua lah warga Garut dalam keadaan sehat wal’afiat,” pungkasnya.

Momen kebersamaan bupati bersama peserta upacara semakin meriah saat bupati mengajak semua yang hadir bersama-sama menyanyikan lagu “Kapan-kapan” yang dipopulerkan grup legendaris Koes Plus.

Acara peringatan HGN dan HUT PGRI Tingkat Kabupaten Garut Tahun 2023 diwarnai dengan penyerahan donasi kemanusiaan untuk Palestina sebesar Rp. 444.029.000. Donasi tersebut berasal dari para guru di Kabupaten Garut yang tergabung dalam PGRI. Penyerahan donasi ini merupakan bentuk empati dan solidaritas para guru terhadap warga Palestina yang mengalami penindasan dari zionis Israel.