Cara Buat Surat Izin yang Baik dan Benar
Surat izin adalah surat yang digunakan untuk memohon izin kepada pihak tertentu atas alasan tertentu. Surat izin dapat dibuat oleh siapa saja, baik oleh individu, lembaga, maupun organisasi. Surat izin biasanya digunakan untuk keperluan yang bersifat mendesak atau penting, seperti sakit, keperluan keluarga, atau urusan pekerjaan.
Struktur Surat Izin
Surat izin memiliki struktur yang standar, yaitu:
- Header
Header berisi informasi umum tentang surat izin, seperti tanggal surat, tempat surat ditulis, dan nama penerima surat.
- Salinan
Salinan berisi informasi tentang pihak yang mengirimkan surat izin.
- Isi Surat
Isi surat berisi penjelasan tentang alasan izin dan lamanya izin.
- Penutup
Penutup berisi ucapan terima kasih dan tanda tangan pembuat surat.
Cara Membuat Surat Izin
Untuk membuat surat izin yang baik dan benar, ikuti langkah-langkah berikut:
- Tentukan tujuan surat
Tentukan terlebih dahulu tujuan surat izin yang akan Anda buat. Apakah Anda akan mengajukan izin untuk tidak masuk sekolah, tidak masuk kerja, atau tidak hadir dalam suatu acara?
- Kumpulkan informasi yang diperlukan
Kumpulkan informasi yang diperlukan untuk membuat surat izin, seperti tanggal izin, alasan izin, dan lamanya izin.
- Tulis header surat
Tulis header surat dengan mencantumkan tanggal surat, tempat surat ditulis, dan nama penerima surat.
- Tulis salinan surat
Tulis salinan surat dengan mencantumkan informasi tentang pihak yang mengirimkan surat izin.
- Tulis isi surat
Tulis isi surat dengan menjelaskan alasan izin dan lamanya izin. Jelaskan alasan izin dengan jelas dan singkat.
- Tulis penutup surat
Tulis penutup surat dengan mengucapkan terima kasih dan tanda tangan pembuat surat.
Contoh Surat Izin
Berikut adalah contoh surat izin sekolah:
Yth. Kepala Sekolah
SD Negeri Sukamaju
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Sinta
Jabatan: Orang tua/wali siswa
Alamat: Jalan Sukamaju No. 123, Bandung
Memohon izin kepada Bapak/Ibu Kepala Sekolah untuk tidak masuk sekolah untuk anak saya,
Nama: Rio
Kelas: III
Sehubungan dengan sakit yang dialami oleh anak saya, maka saya memohon izin untuk tidak masuk sekolah pada hari Senin, 15 November 2022.
Demikian permohonan izin ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian Bapak/Ibu Kepala Sekolah, saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Sinta
Berikut adalah contoh surat izin kerja:
Yth. Bapak/Ibu Pimpinan
PT. ABC
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Andi
Jabatan: Karyawan
Alamat: Jalan ABC No. 123, Bandung
Memohon izin kepada Bapak/Ibu Pimpinan untuk tidak masuk kerja pada hari Senin, 15 November 2022.
Sehubungan dengan adanya keperluan keluarga yang mendesak, maka saya memohon izin untuk tidak masuk kerja.
Demikian permohonan izin ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian Bapak/Ibu Pimpinan, saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Andi
Tips Membuat Surat Izin
Berikut adalah beberapa tips membuat surat izin yang baik dan benar:
- Gunakan bahasa yang formal dan sopan.
- Tulis surat dengan jelas dan singkat.
- Pastikan informasi yang tercantum dalam surat akurat dan lengkap.
- Cek kembali surat sebelum dikirimkan untuk memastikan tidak ada kesalahan.
Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips di atas, Anda dapat membuat surat izin yang baik dan benar.