Contoh Jurnal Penelitian

Contoh Jurnal Penelitian

Jurnal penelitian adalah karya ilmiah yang diterbitkan oleh suatu institusi atau lembaga ilmiah. Jurnal penelitian biasanya berisi hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari berbagai bidang ilmu. Jurnal penelitian dapat menjadi sumber informasi yang berharga bagi para akademisi, peneliti, dan masyarakat umum.

Jurnal penelitian memiliki beberapa ciri khas, yaitu:

  • Berisi hasil penelitian yang dilakukan secara ilmiah.
  • Dipublikasikan oleh suatu institusi atau lembaga ilmiah.
  • Meliputi berbagai bidang ilmu.
  • Memiliki struktur yang baku.

Struktur jurnal penelitian biasanya terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

  • Abstrak: Ringkasan dari keseluruhan isi jurnal.
  • Pendahuluan: Latar belakang masalah, rumusan masalah, dan tujuan penelitian.
  • Metode penelitian: Metode yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data.
  • Hasil penelitian: Hasil yang diperoleh dari penelitian.
  • Pembahasan: Pembahasan mengenai hasil penelitian.
  • Kesimpulan: Kesimpulan dari hasil penelitian.
  • Saran: Saran untuk penelitian selanjutnya.

Berikut adalah contoh jurnal penelitian dengan judul "Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMAN 10 Semarang".

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan smartphone terhadap prestasi belajar siswa kelas XI MIPA SMAN 10 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket. Sampel penelitian adalah 100 siswa kelas XI MIPA SMAN 10 Semarang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan smartphone terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung sebesar 2,444 yang lebih besar dari ttabel sebesar 1,998 pada taraf signifikansi 5%.

Pendahuluan

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) saat ini telah memberikan dampak yang signifikan terhadap kehidupan masyarakat, termasuk dalam bidang pendidikan. Salah satu teknologi TIK yang banyak digunakan oleh masyarakat, termasuk siswa, adalah smartphone.

Smartphone merupakan perangkat elektronik yang memiliki berbagai fungsi, termasuk untuk berkomunikasi, mengakses informasi, dan hiburan. Penggunaan smartphone oleh siswa dapat berdampak positif maupun negatif terhadap prestasi belajar.

Dampak positif penggunaan smartphone terhadap prestasi belajar siswa adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan motivasi belajar siswa
  • Mempermudah siswa untuk mengakses informasi
  • Meningkatkan kreativitas siswa

Dampak negatif penggunaan smartphone terhadap prestasi belajar siswa adalah sebagai berikut:

  • Mengganggu konsentrasi belajar siswa
  • Menyebabkan siswa kecanduan
  • Menghambat perkembangan sosial siswa

Berdasarkan uraian di atas, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang pengaruh penggunaan smartphone terhadap prestasi belajar siswa.

Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 10 Semarang yang berjumlah 300 siswa. Sampel penelitian adalah 100 siswa yang diambil secara acak.

Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket yang terdiri dari 20 butir pertanyaan. Angket tersebut diuji validitas dan reliabilitasnya.

Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik inferensial dengan uji t.

Hasil Penelitian

Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan smartphone terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung sebesar 2,444 yang lebih besar dari ttabel sebesar 1,998 pada taraf signifikansi 5%.

Pembahasan

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan smartphone secara positif dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Hal ini dapat terjadi karena smartphone dapat digunakan oleh siswa untuk mengakses informasi dan materi pembelajaran. Selain itu, smartphone juga dapat digunakan oleh siswa untuk meningkatkan motivasi belajar dan kreativitasnya.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan smartphone juga dapat berdampak negatif terhadap prestasi belajar siswa jika tidak digunakan secara bijak. Penggunaan smartphone yang berlebihan dapat mengganggu konsentrasi belajar siswa dan menyebabkan siswa kecanduan.

Oleh karena itu, penting bagi siswa untuk menggunakan smartphone secara bijak dan bertanggung jawab. Siswa perlu membatasi waktu penggunaan smartphone dan menggunakannya untuk hal-hal yang positif, seperti mengakses informasi, materi pembelajaran, dan kreativitas.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan smartphone terhadap prestasi belajar siswa. Namun, penggunaan smartphone juga dapat berdampak negatif terhadap prestasi belajar siswa jika tidak digunakan secara bijak.

Saran

Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran sebagai berikut:

  • Orang tua dan guru perlu memberikan edukasi kepada siswa tentang penggunaan smartphone yang bijak dan bertanggung jawab.
  • Siswa perlu membatasi waktu

Check Also

Musyawarah Untuk Mencapai Mufakat Yang Berlandaskan Semangat Kekeluargaan Adalah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *