Contoh Review Jurnal

Contoh Review Jurnal

Review jurnal adalah kegiatan memberikan ulasan terhadap sebuah artikel atau jurnal, merangkum dan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan dalam jurnal yang direview. Review jurnal biasanya dilakukan oleh dosen kepada mahasiswa sebagai tugas, atau oleh peneliti untuk menganalisis penelitian orang lain.

Review jurnal memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Memahami isi dan inti dari sebuah penelitian
  • Mengevaluasi kualitas penelitian
  • Menemukan ide-ide baru untuk penelitian
  • Menambah wawasan dan pengetahuan

Format Review Jurnal

Secara umum, format review jurnal terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

  • Identitas jurnal
  • Ringkasan
  • Analisis
  • Kesimpulan

Identitas jurnal berisi informasi umum tentang jurnal yang direview, seperti judul jurnal, nama penulis, tahun terbit, jurnal tempat dipublikasikan, dan abstrak jurnal.

Ringkasan berisi informasi yang terkandung dalam jurnal, mulai dari latar belakang masalah, tujuan penelitian, metode penelitian, hasil penelitian, dan kesimpulan penelitian.

Analisis berisi penilaian terhadap kualitas penelitian yang dilakukan, meliputi:

* Kesesuaian dengan topik * Relevansi dengan penelitian lain * Keakuratan data dan analisis * Ketepatan metodologi * Kebaruan hasil penelitian 

Kesimpulan berisi rangkuman dari hasil analisis dan rekomendasi untuk penelitian selanjutnya.

Contoh Review Jurnal

Berikut ini adalah contoh review jurnal berjudul "Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa" yang diterbitkan dalam jurnal Jurnal Pendidikan pada tahun 2023:

Identitas Jurnal

  • Judul jurnal: Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa
  • Nama penulis: Andi Sulistyo, S.Pd., M.Pd.
  • Tahun terbit: 2023
  • Jurnal tempat dipublikasikan: Jurnal Pendidikan
  • Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jember. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-test post-test control group design. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan pembelajaran menggunakan media pembelajaran, sedangkan kelompok kontrol diberikan pembelajaran tanpa media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa.

Ringkasan

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-test post-test control group design. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan pembelajaran menggunakan media pembelajaran, sedangkan kelompok kontrol diberikan pembelajaran tanpa media pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Siswa kelompok eksperimen memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan siswa kelompok kontrol. Hal ini ditunjukkan oleh hasil pre-test dan post-test motivasi belajar siswa kedua kelompok.

Analisis

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dapat terjadi karena media pembelajaran dapat membantu siswa untuk memahami materi pembelajaran dengan lebih mudah dan menarik. Selain itu, media pembelajaran juga dapat meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran.

Namun, penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan, yaitu:

  • Sampel penelitian yang digunakan relatif kecil, sehingga hasil penelitian ini perlu diujicobakan kembali dengan sampel yang lebih besar.
  • Penelitian ini hanya dilakukan pada satu mata pelajaran, sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran lainnya.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, media pembelajaran perlu digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Tips Menulis Review Jurnal

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menulis review jurnal yang baik:

  • Pahami terlebih dahulu isi jurnal yang akan direview.
  • Lakukan analisis yang objektif dan kritis terhadap jurnal yang direview.
  • Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami.
  • Pastikan review jurnal yang ditulis mengikuti format yang benar.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menulis review jurnal yang berkualitas dan bermanfaat.

Check Also

Contoh Soal Dan Jawaban Basa Rinengga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *