Jawaban Seni Budaya Kelas 8 Hal 155

Jawaban Seni Budaya Kelas 8 Hal 155: Makna Lagu dan Penciptanya

Pada halaman 155 buku paket Seni Budaya kelas 8 SMP/MTs, terdapat materi tentang makna lagu dan penciptanya. Materi ini merupakan bagian dari bab 11 yang membahas tentang menyanyikan lagu tradisional.

Berikut adalah pembahasan lengkap jawaban soal-soal pada halaman 155 tersebut:

Soal 1

Sebutkan 10 lagu tradisional dan maknanya!

Berikut adalah 10 lagu tradisional beserta maknanya:

Judul Lagu Makna Pencipta Asal Daerah
Ampar-Ampar Pisang Menggambarkan kehidupan masyarakat pesisir yang sederhana dan bersahaja. Entah Kalimantan Selatan
Gundul-Gundul Pacul Menggambarkan kehidupan petani yang gigih dan tekun bekerja. Entah Jawa Tengah
Manuk Dadali Menggambarkan semangat perjuangan rakyat Indonesia untuk meraih kemerdekaan. Sambas Jawa Barat
Rasa Sayange Menggambarkan kerinduan seseorang kepada kekasihnya. Entah Maluku
Satu Nusa Satu Bangsa Menggambarkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. L. Manik Indonesia
Tanah Air Menggambarkan kecintaan seseorang kepada tanah airnya. Ibu Sud Indonesia
Wailang Tano Menggambarkan kerinduan seseorang kepada kampung halamannya. Entah Nusa Tenggara Timur
Yamko Rambe Yamko Menggambarkan semangat persatuan dan kesatuan masyarakat Papua. Entah Papua

Soal 2

Jelaskan makna lagu "Ampar-Ampar Pisang"!

Lagu "Ampar-Ampar Pisang" menggambarkan kehidupan masyarakat pesisir yang sederhana dan bersahaja. Lagu ini mengisahkan tentang seorang ibu yang sedang menganyam daun pisang untuk membuat ampar. Ia dibantu oleh anak-anaknya. Dalam lagu ini, ibu tersebut juga mengajak anak-anaknya untuk bekerja bersama-sama.

Lagu "Ampar-Ampar Pisang" memiliki pesan moral yang penting, yaitu pentingnya kerja sama dan gotong royong. Dengan bekerja sama, kita dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan mudah. Selain itu, bekerja sama juga dapat mempererat tali persaudaraan dan kekeluargaan.

Soal 3

Siapa pencipta lagu "Manuk Dadali"?

Lagu "Manuk Dadali" diciptakan oleh Sambas. Lagu ini merupakan lagu perjuangan yang mengisahkan tentang semangat perjuangan rakyat Indonesia untuk meraih kemerdekaan. Lagu ini menggambarkan burung garuda yang gagah dan perkasa. Burung garuda tersebut merupakan simbol dari kekuatan dan kejayaan bangsa Indonesia.

Lagu "Manuk Dadali" memiliki pesan moral yang penting, yaitu pentingnya semangat perjuangan untuk meraih cita-cita. Dengan semangat yang tinggi, kita dapat menghadapi segala rintangan dan tantangan untuk mencapai tujuan kita.

Soal 4

Jelaskan makna lagu "Rasa Sayange"!

Lagu "Rasa Sayange" menggambarkan kerinduan seseorang kepada kekasihnya. Lagu ini mengisahkan tentang seorang gadis yang sedang menunggu kedatangan kekasihnya. Ia merasa rindu dan gelisah karena kekasihnya belum juga datang.

Lagu "Rasa Sayange" memiliki pesan moral yang penting, yaitu pentingnya kesetiaan dan ketulusan cinta. Dengan setia dan tulus mencintai, kita akan selalu merasa bahagia dan damai.

Soal 5

Bagaimana cara menyanyikan lagu tradisional dengan baik?

Berikut adalah cara menyanyikan lagu tradisional dengan baik:

  • Pahami makna lagu yang akan dinyanyikan.
  • Pelajari teknik vokal yang tepat.
  • Lakukan latihan secara rutin.

Berikut adalah beberapa tips untuk memahami makna lagu tradisional:

  • Bacalah lirik lagu dengan cermat.
  • Cari tahu tentang asal daerah dan budaya dari lagu tersebut.
  • Dengarkan lagu tersebut dengan saksama.

Berikut adalah beberapa tips untuk mempelajari teknik vokal yang tepat:

  • Ikuti kursus atau les vokal.
  • Lakukan latihan secara rutin.
  • Konsultasikan dengan guru vokal.

Berikut adalah beberapa tips untuk melakukan latihan secara rutin:

  • Luangkan waktu untuk latihan setiap hari.
  • Latihanlah di tempat yang tenang.
  • Mulailah dengan latihan yang sederhana.

Dengan memahami makna lagu, menguasai teknik vokal, dan melakukan latihan secara rutin, kita akan dapat menyanyikan lagu tradisional dengan baik.

Check Also

Yang Termasuk Upaya Menghadapi Globalisasi Dalam Bidang Budaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *