Sabtu , April 20 2024

Penjabat Bupati Garut Dorong Pembangunan Karakter Generasi Muda Melalui Gerakan Pramuka

Garut, 20 Februari 2024 – Penjabat (Pj) Bupati Garut, Barnas Adjidin, membuka Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Gerakan Pramuka Kabupaten Garut Tahun 2024 dengan menekankan pentingnya pembangunan karakter bagi generasi muda.

Rakercab yang diadakan di Aula Bank BJB Garut ini diharapkan menghasilkan program-program berkualitas untuk membangun karakter dan kepribadian remaja di Kabupaten Garut. Barnas mengingatkan agar kegiatan Pramuka terarah dan bermanfaat bagi generasi muda.

Pentingnya Membangun Karakter di Era Digital

Di era digital yang penuh dengan kemajuan teknologi, Barnas mengingatkan agar pemuda-pemuda Garut diarahkan ke arah yang lebih baik. Teknologi, selain membawa dampak positif, juga memiliki dampak negatif yang harus diantisipasi.

“Kita jangan sampai tertinggal dalam membangun karakter bangsa yang berakhlak. Ini penting untuk mengendalikan generasi muda agar mereka tetap berpegang teguh pada nilai-nilai luhur bangsa di tengah peradaban maju,” tegas Barnas.

Gerakan Pramuka Berdaya untuk Generasi Muda yang Terampil dan Berkarakter

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Garut, Kak Helmi Budiman, melaporkan bahwa Gerakan Pramuka di Garut berjalan dengan baik. Di tahun keempat kepengurusannya, Kwarcab fokus untuk membangun Pramuka yang berdaya, dengan anggota yang memiliki kemampuan dan keterampilan.

“Alhamdulillah, sudah banyak pembina Pramuka yang memiliki sertifikat KMD dan KML. Ini penting untuk membangun karakter anggota Pramuka sejak usia dini, mulai dari Pra Siaga hingga Pandega,” ujar Kak Helmi.

Membentuk Generasi Muda Berkarakter Pancasila

Tahun 2024 menjadi fokus Gerakan Pramuka Garut untuk membina anggota-anggotanya agar memiliki karakter Pramuka yang sesuai dengan Pancasila.

“Tugas kita adalah membina seluruh anggota Pramuka di sekolah dasar, SMP, SMA, dan perguruan tinggi agar mereka memiliki karakter yang kuat dan menjadi manusia Pancasila,” tandas Kak Helmi.

Rakercab Gerakan Pramuka Kabupaten Garut Tahun 2024 ini diharapkan menghasilkan program-program yang berfokus pada pembangunan karakter generasi muda. Di era digital yang penuh dengan tantangan, Gerakan Pramuka diharapkan dapat menjadi wadah bagi generasi muda untuk mengembangkan diri dan menjadi insan yang berakhlak mulia dan berkarakter Pancasila.