Sabtu , April 20 2024

Pergelaran Kolaborasi Seni Budaya Jakarta-Garut Meriahkan HJG Ke-211

Garut, Tarogong Kidul – Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-211 Kabupaten Garut, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut dan Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi menggelar Pergelaran Kolaborasi Seni Budaya Daerah Jakarta dan Garut. Acara ini berlangsung di Gedung Art Center, Kecamatan Tarogong Kidul, pada tanggal 23 Februari 2024.

Sekretaris Disparbud Garut, Mia Herlina, menjelaskan bahwa pergelaran ini bukan hanya untuk menghibur masyarakat, tetapi juga bagian penting dari rangkaian Hari Jadi Garut Gebyar, yakni Pesona Budaya yang akan dihelat pada tanggal 27 April 2024 mendatang. Menurutnya, kegiatan seni budaya ini penting untuk memperkokoh nilai-nilai budaya sebagai penyeimbang terhadap budaya global yang semakin heterogen.

Mia mengungkapkan bahwa pergelaran ini merupakan aktualisasi pembinaan seni budaya yang dilakukan secara berkelanjutan. Ia berharap pergelaran ini menjadi wadah bagi para seniman untuk mempublikasikan karya mereka dan bagi masyarakat untuk menikmati dan menghargai seni budaya.

Mia berharap pergelaran ini dapat menjadi tolok ukur bagi perkembangan seni budaya daerah dan membantu mengeliminasi budaya luar yang berdampak pada hilangnya tatanan seni budaya daerah.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana, mengungkapkan kebanggaannya atas kesempatan untuk pertama kalinya pentas di luar Jakarta. Ia menjelaskan bahwa mereka menampilkan beberapa aktivitas seni budaya Betawi yang dibawakan oleh anak-anak dan sanggar seni di DKI Jakarta.

Iwan Henry Wardhana juga mengundang Pemerintah Kabupaten Garut untuk berkunjung ke Kantor Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta untuk memperkenalkan Sandiwara Sunda.

Iwan Henry Wardhana mengucapkan selamat kepada Kabupaten Garut yang telah memasuki usia ke-211. Ia memuji Garut sebagai daerah yang memiliki pesona dan potensi yang luar biasa. Ia menekankan bahwa selain pemerintah, masyarakat juga harus mampu memperkenalkan potensi di wilayahnya masing-masing.

Ketua Pelaksana dan Ketua Ikatan Alumni Insitut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, Irno Sukarno Putra, menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Garut dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Irno menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai pelaksanaan Undang-Undang Pemajuan Kebudayaan untuk tetap menjaga minat generasi muda terhadap seni budaya daerah.

Pergelaran ini menampilkan berbagai karya seni seperti musik dan tarian dari Betawi dan musik karawitan Sunda. Sekitar 140 seniman dari Jakarta dan Garut memeriahkan acara ini dengan bakat dan talenta mereka.

Pergelaran Kolaborasi Seni Budaya Jakarta-Garut bukan hanya sebuah pertunjukan, tetapi juga upaya untuk memperkuat identitas budaya, menjaga minat generasi muda, dan mendorong kolaborasi antar daerah dalam memajukan kebudayaan Indonesia.