PUPR Garut Siapkan Alat Berat Antisipasi Bencana

Garut, Jawa Barat – Menjelang musim hujan yang berpotensi menimbulkan bencana alam di Kabupaten Garut, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) mengambil langkah-langkah antisipasi. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas PUPR Garut, Agus Ismail, pada Sabtu (13/4/2024).

Agus menjelaskan bahwa PUPR sebagai dinas teknis akan selalu mendukung BPBD dalam menangani potensi bencana, khususnya di daerah rawan longsor dan aliran sungai.

Beberapa langkah antisipasi yang dilakukan PUPR Garut antara lain:

  • Memberikan peringatan kepada masyarakat untuk berhati-hati saat melewati daerah rawan bencana, terutama longsor.
  • Menyiagakan personel di Unit Pelaksana Teknis (UPT) di setiap wilayah.
  • Mempersiapkan alat berat, seperti backhoe loader, di titik-titik strategis dan UPTD PUPR.

Meskipun jumlah alat berat masih terbatas, PUPR telah berupaya semaksimal mungkin untuk penanggulangan bencana. Hal ini dibuktikan dengan kesigapan mereka dalam menangani longsor di ruas Jalan Banjarwangi – Singajaya pada Jumat (12/4/2024).

Agus menambahkan bahwa pihaknya juga terus berkoordinasi dengan instansi terkait untuk memastikan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi bencana di Garut.

Tantangan Mobilisasi Alat Berat

Salah satu tantangan yang dihadapi PUPR Garut dalam mengantisipasi bencana adalah mobilisasi alat berat. Lebar jalan yang sempit, terutama di wilayah selatan, membuat mobilisasi alat berat menjadi lambat dan berakibat pada kemacetan, terutama saat musim mudik lebaran.

Sebagai solusi, PUPR Garut telah menyiagakan alat berat di beberapa titik strategis, termasuk di Kecamatan Cikajang yang merupakan daerah terdekat dengan wilayah selatan.

Meskipun memiliki keterbatasan, PUPR Garut berkomitmen untuk terus berupaya dalam meningkatkan kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana di wilayahnya.

Upaya Perbaikan Alat Berat

Saat ini, PUPR Garut memiliki 3 unit alat berat. Satu unit di antaranya baru saja selesai diperbaiki dan siap digunakan setelah sebelumnya digunakan untuk mendukung kegiatan di perkotaan menjelang Idul Fitri.

Agus berharap dengan langkah-langkah antisipasi dan kesiapsiagaan yang dilakukan, PUPR Garut dapat membantu meminimalisir dampak bencana alam di wilayahnya.