Breaking News

Rowan Atkinson: Pelawak dan Aktor Legendaris Inggris

Rowan Atkinson adalah salah satu pelawak dan aktor paling terkenal di dunia. Dia dikenal karena karyanya di sitkom “Blackadder” dan “Mr. Bean”, serta film-film seperti “Johnny English”. Atkinson telah memenangkan banyak penghargaan atas karyanya, termasuk BAFTA, Emmy, dan Golden Globe.

Kehidupan awal dan pendidikan

Rowan Sebastian Atkinson lahir di Consett, County Durham, Inggris, pada tanggal 6 Januari 1955. Ayahnya, Eric Atkinson, adalah seorang petani dan direktur perusahaan, dan ibunya, Ella May (née Bambridge), adalah seorang guru. Atkinson memiliki dua kakak laki-laki, Rodney dan Rupert.

Atkinson bersekolah di Durham Choristers School, kemudian St Bees School. Dia kemudian belajar teknik elektro di Newcastle University dan Oxford University. Selama waktunya di Oxford, Atkinson bertemu dengan sesama komedian Richard Curtis dan Ben Elton.

Karier awal

Atkinson memulai karirnya di dunia hiburan sebagai komedian stand-up. Dia tampil di berbagai klub komedi di Inggris dan Amerika Serikat. Pada tahun 1979, Atkinson bergabung dengan tim penulis untuk acara komedi sketsa BBC “Not the Nine O’Clock News”. Acara ini sukses besar dan memenangkan banyak penghargaan, termasuk BAFTA untuk Program Hiburan Terbaik.

Blackadder

Pada tahun 1983, Atkinson menciptakan dan membintangi sitkom “Blackadder”. Acara ini berlatar di berbagai periode sejarah Inggris, dan Atkinson berperan sebagai Edmund Blackadder, seorang pria yang cerdas dan sinis yang selalu menemukan dirinya dalam situasi yang sulit. “Blackadder” adalah salah satu sitkom paling sukses di Inggris, dan memenangkan banyak penghargaan, termasuk BAFTA untuk Program Hiburan Terbaik.
[Image of Rowan Atkinson dalam sitkom Blackadder]

Mr. Bean

Pada tahun 1990, Atkinson menciptakan dan membintangi sitkom “Mr. Bean”. Acara ini mengikuti kehidupan Mr. Bean, seorang pria yang canggung dan tidak berdaya yang selalu membuat masalah. “Mr. Bean” adalah salah satu acara televisi paling populer di dunia, dan telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 50 bahasa.
[Image of Rowan Atkinson dalam sitkom Mr. Bean]

Filmografi

Atkinson telah membintangi sejumlah film, termasuk:

  • “The Tall Guy” (1989)
  • “Bean” (1997)
  • “The Witches” (1990)
  • “Johnny English” (2003)
  • “Love Actually” (2003)
  • “Johnny English Reborn” (2011)
  • “Johnny English Strikes Again” (2018)
  • “Man vs. Bee” (2022)

Penghargaan

Atkinson telah memenangkan banyak penghargaan atas karyanya, termasuk:

  • BAFTA untuk Program Hiburan Terbaik (1981)
  • BAFTA untuk Aktor Terbaik dalam Serial Komedi (1981)
  • BAFTA untuk Aktor Terbaik dalam Film Komedi (2003)
  • Emmy Award untuk Aktor Terbaik dalam Serial Komedi (2003)
  • Golden Globe Award untuk Aktor Terbaik – Serial Televisi Musikal atau Komedi (2003)

Kehidupan pribadi

Atkinson menikah dengan Sunetra Sastry pada tahun 1990. Mereka memiliki dua anak, Lily dan Benjamin. Atkinson dan Sastry bercerai pada tahun 2015.

Atkinson adalah seorang dermawan yang aktif. Dia mendukung berbagai organisasi amal, termasuk Comic Relief, UNICEF, dan Save the Children.

Kesimpulan

Rowan Atkinson adalah salah satu pelawak dan aktor paling terkenal di dunia. Dia telah menghibur jutaan orang di seluruh dunia dengan karyanya yang lucu dan cerdas. Atkinson adalah seorang seniman yang berbakat dan berkomitmen yang telah meninggalkan warisan yang akan bertahan selama bertahun-tahun yang akan datang.