PT. DAUX COSMETIK MENGEMBANGKAN USAHANYA DI GARUT

PT Daux Cosmetic Bangun Pabrik Bulu Mata Palsu di Garut

Garut, 23 April 2018. PT Daux Cosmetic, perusahaan yang bergerak dalam bidang industri bulu mata palsu, berencana akan membangun pabrik baru di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pabrik ini akan dibangun di lahan seluas 220.000 meter persegi di Jalan Raya Karangpawitan, Kampung Nyalindung, Desa Sindangpalay, Kecamatan Karangpawitan.

Pabrik baru ini akan memproduksi bulu mata palsu yang terbuat dari rambut asli manusia dan rambut sintetis. Bulu mata palsu ini akan dipasarkan di dalam negeri maupun luar negeri.

Pembangunan pabrik ini akan menyerap tenaga kerja sebanyak 6.000 orang, yang terdiri dari 120 laki-laki dan 5.880 perempuan. Tenaga kerja tersebut akan direkrut dari lokal Garut dan sekitarnya.

Menurut Kepala Bidang Pengembangan dan Promosi Penanaman Modal Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (DPMPT) Kabupaten Garut, Asep Nurjaman, pembangunan pabrik ini akan dimulai setelah perizinan selesai.

“Pembangunan pabrik ini akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama adalah pembangunan infrastruktur, seperti jalan, saluran air, dan bangunan penunjang lainnya. Tahap kedua adalah pembangunan pabrik bulu mata palsu,” ujar Asep.

Asep menambahkan, pembangunan pabrik ini akan berdampak positif bagi perekonomian Kabupaten Garut. Selain menyerap tenaga kerja, pabrik ini juga akan meningkatkan pendapatan daerah melalui pajak dan retribusi.

“Pembangunan pabrik ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan investasi di Kabupaten Garut,” kata Asep.

Tahap-Tahap Pembangunan Pabrik

Berikut adalah tahap-tahap pembangunan pabrik PT Daux Cosmetic:

    1. Penetralisiran tempat yang berdekatan dengan masyarakat karena lahan yang digunakan bekas sawah yang bersinggungan dengan air, dengan cara pembuangan air.
    2. Pembangunan pabrik setelah menunggu perizinan. Ada 2 jenis pabrik yang akan dibangun yaitu mess karyawan dan 6 buah tempat penetralisiran limbah (Wafter Tritment/ penetralisir air dan sisa limbah).
    3. Pembuatan pabrik tingginya sekitar 9 meter dengan asap seng, dinding batu bata dan tiang minimal WF. Untuk pabrik yang tidak bisa dikerjakan sendiri akan dikerjakan oleh kontraktor dengan waktu pengerjaan sekitar 8 bulan.

Diharapkan, pembangunan pabrik PT Daux Cosmetic ini dapat segera dimulai dan selesai tepat waktu. Dengan demikian, pabrik ini dapat segera beroperasi dan memberikan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Garut.

dewahoki303 nagahoki303