Bupati Garut : KORMI Adalah Sebuah Apresiasi Terhadap Olahraga Tradisional di Kabupaten Garut

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
7 hari yang lalu
Dibaca: 10

GARUT, Tarogong Kaler – Keberadaan KORMI (Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) di Kabupaten Garut adalah sebuah apresiasi terhadap olahraga atau permainan tradisional yang perlu dilestarikan. Keberadaan  KORMI - sebelumnya bernama FORMI (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia), juga sebagai sebuah upaya  mengembangkan olahraga tradisional menjadi sebuah budaya yang khas di Kabupaten Garut.

“Tentu saya berharap bahwa ini merupakan kebangkitan kita untuk memberikan apresiasi terhadap olahraga tradisional. Engkrang ini adalah olahraga yang dulu itu kan masa kecil kita ada gatrik, dan tentu ada olahraga-olahraga lain yang kita kembangkan sebagai khasanah khas Kabupaten Garut,” kata Bupati Garut, Rudy Gunawan, ketika memberikan sambutan pada  Rapat Kerja KORMI  Tahun 2021, bertempat di Ballroom Hotel Harmoni, Jalan Cipanas Baru, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Senin (22/11/2021).

Ketua KORMI Kabupaten Garut, Diah Kurniasari mengatakan, Agenda utama   Rapat Kerja KORMI asalah dalam rangka Evaluasi Program Dalam Tahun 2021 dan Pembahasan Program Kerja Untuk Tahun 2022. Pihaknya berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut yang telah mendukung program KORMI Kabupaten Garut, yang sebelumnya telah secara resmi dibentuk berdasarkan SK KORMI Jawa Barat pada tanggal 11 Desember 2019.

“Jadi berdasarkan hasil musyawarah nasional pada tanggal 28 September 2020 nama FORMI berubah menjadi KORMI, jadi sekarang kita dikukuhkan karena nama juga berubah dari Formi ke Kormi, (jadi) kita dilantik kembali, Mudah-mudahan kita tetap semangat sebagai pengurus untuk melindungi para cabang olahraga, khususnya cabang organisasi olahraga masyarakat,” ujar Diah. 

Sementara itu, Ketua KORMI Jawa Barat, Denda Alamsyah menyebutkan,  sistem keolahragaan nasional Indonesia dibagi menjadi 3 klasifikasi, selain KONI dan Baposi, salah satunya adalah KORMI yang menaungi olahraga rekreasi masyarakat.

“Ada olahraga pendidikan (dengan) Bapopsi, ada olahraga prestasi ada KONI, dan ada olahraga rekreasi masyarakat itu pembinaannya di bawah KORMI,” tandasnya.




Komentar
Isi Komentar