Bupati Garut Sebut Pemkab akan Berikan Pembekalan bagi Nakes Non ASN

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
5 hari yang lalu
Dibaca: 18

Bupati Garut Sebut Pemkab akan Berikan Pembekalan bagi Nakes Non ASN

GARUT, Tarogong Kidul - Pemerintah Kabupaten Garut berencana akan memberikan pembekalan bagi tenaga kesehatan (nakes) non Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya yang ada di puskesmas-puskesmas sebelum mengikuti seleksi penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahun 2022.

Saat membuka acara Jalan Sehat dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tahun 2022 di lingkungan Dinas Kesehatan (Dinkes), Rudy menyatakan, hal ini dilakukan, karena para nakes khususnya yang ada di puskesmas-puskesmas telah banyak membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut dalam menghadapi beberapa permasalahan seperti ikut serta menurunkan angka stunting hingga memicu masyarakat dalam Open Defecation Free (ODF), sehingga Kabupaten Garut ditetapkan sebagai Kabupaten ODF.

"Saya dengan tim penilai kinerja nanti akan mengadakan satu tim dalam rangka memberikan advokasi, jadi kalian nanti tes kembali, kalau kalian tesnya tidak lulus ini bahaya, dan ini harus segera disosialisasikan bahwa adanya lowongan 1.700 lebih untuk nakes non ASN, itu ternyata tidak diafirmasi 100%, cuma saudara mendapatkan blok tambahan nilai itu hanya sekitar 30%, jadi kalau yang dari luar dapat 80 saudara dapat 40 maka saudara tidak lulus, saudara mau kemana lagi coba? padahal kalian sudah bersama-sama dengan kita sejak kita melaksanakan (pengendalian) Covid-19," ujar Bupati Garut, di Halaman Kantor Dinkes Garut, Jalan Proklamasi, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Rabu (23/11/2022).

Oleh sebab itu, ia meminta dinkes untuk memberikan advokasi atau pembekalan dengan membuat sebuah pelatihan namun harus dilakukan secara serius.

"Siap pelatihan? Kalau sudah berikhtiar hasilnya lain ya itu lain. (Tapi) serius ya nanti kami, kalian semua yang non PNS akan di zoom beberapa kali, (mungkin) ada 5 kali zoom dengan kita supaya kita memberikan penerangan sampai dengan proses pelaksanaan seleksi," ucapnya dihadapan peserta jalan sehat.

Selain itu, imbuh Rudy, pihaknya juga meminta kepala puskesmas agar berkoordinasi dengan dinkes agar mendapatkan arahan bagaimana para nakes non ASN ini bisa bersama-sama lagi dengan Pemkab Garut.

"Karena setelah ini kita akan tutup ke depan, tidak ada lagi tenaga nakes yang diangkat oleh kepala puskesmas, mau dulur, mau apa itu tidak bisa. Jadi saya mohon di hari kesehatan nasional ini semuanya mempersiapkan untuk tes menjadi PPPK," imbuh Rudy.

Sementara itu, Sekretaris Dinkes Garut, dr. Leli Yuliani, menuturkan jika dalam HKN ke-58 ini, ada beberapa rangkaian acara yang digelar oleh pihaknya seperti perlombaan-perlombaan baik yang terkait kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), hiburan, dan juga kegiatan berupa penilaian kinerja.

"Dan pada hari ini kita melaksanakan jalan santai atau jalan sehat, di mana ini adalah menjadi salah satu kegiatan yang harus kita sosialisasikan sebagai salah satu kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat," tandasnya.


Bupati Garut, Rudy Gunawan, buka resmi acara jalan sehat dalam rangka HKN ke-58 Tahun 2022 tingkat Kabupaten Garut, yang dilaksanakan di Halaman Kantor Dinkes Garut, Jalan Proklamasi, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Rabu (23/11/2022). (Foto : Deni Seftiana/Diskominfo Garut).

Penulis : Muhamad Azi Zulhakim

Penyunting : Yanyan Agus Supianto




Komentar
Isi Komentar