Pemkab Garut Raih Juara 3 AMH 2022

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
Jumat, 25 November 2022
Dibaca: 45

Pemkab Garut Raih Juara 3 AMH 2022

Raihan penghargaan kedua kalinya secara berturut-turut sejak 2021

YOGYAKARTA, Sleman - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, meraih Juara 3 dalam Anugerah Media Humas (AMH) Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia (RI) untuk kategori Siaran Pers (Media Online).

Dalam pengumuman yang dibacakan Juri Wisnu Nugroho - Pemimpin Redaksi Kompas.com, Pemkab Garut meraih juara 3 untuk kelompok Pemerintah Kabupaten/Kota menyisihkan nominator lain dari seluruh Indonesia.

Melalui Diskominfo Garut penghargaan AMH 2022 ini, khususnya untuk Kategori Siaran Pers (Media Online), menjadi penghargaan kedua kalinya, setelah pada tahun 2021 meraih juara 2 untuk kategori yang sama.

Menurut Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Garut, Yeni Yunita, yang hadir langsung diperhelatan tahunan ini, menyatakan rasa bahagia dan bangganya dengan raihan yang telah dicapainya, sehingga untuk yang kedua kalinya bisa meraih prestasi untuk pengelolaan siaran pers pemerintah.

Apalagi, untuk meraih prestasi ini harus melalui proses tahapan penilaian dan rapat pleno tim juri dari Kemenkominfo RI serta praktisi media massa, sehingga Pemkab Garut mendapatkan undangan untuk menghadiri Malam AMH 2022 yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Marriott Yogyakarta, Jalan Ring Road Utara, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (24/11/2022). 

"Meskipun posisi kita turun 1 tingkat, tapi dengan raihan prestasi ini menjadi konsistensi tersendiri bagi kami dalam ajang AMH, dan ini merupakan berkat kerja sama serta perjuangan dari semua pihak yang ada di Diskominfo Garut khususnya orang-orang hebat yang ada di bidang kami Bidang Informasi dan Komunikasi Publik," ujar Yeni, usai menerima penghargaan.

Ia berharap raihan prestasi yang didapat bisa menjadi pemantik bagi pihaknya untuk meningkatkan kinerja agar lebih baik lagi, khususnya dalam memberikan pelayanan informasi dan komunikasi kepada masyarakat.

"Targetnya di tahun yang akan datang semoga kami Kabupaten Garut bisa berbicara banyak di ajang AMH, dan bisa meraih penghargaan lain di kategori-kategori lain yang ada di AMH," tandasnya.

AMH 2022 sendiri diikuti oleh humas kementerian/lembaga, pemerintah daerah provinsi, pemerintah daerah kabupaten/kota, humas perguruan tinggi negeri, dan humas Badan Usaha Milik Negara (BUMN) serta Humas Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Tahun ini tema yang diusung adalah tentang presidensi G20 Indonesia 2022, dengan produk rilis yang dilombakan dibatasi 1 rilis, sehingga menjadi tantangan tersendiri.

Terdapat 6 kategori yang dilombakan dalam ajang AMH 2021 ini, yakni Kategori Siaran Pers (Media Online), Media Sosial, Website, Kampanye Komunikasi Publik, Media Audio Visual, dan Penerbitan Majalah Internal ( inhouse magazine).

Kriteria penilaian sendiri meliputi kriteria umum, di antaranya konten dari setiap kategori yang diikutsertakan harus terkait dengan tema Presidensi G20 Indonesia 2022.

Sedangkan dalam kriteria khusus ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh setiap peserta, dan dari inilah menjadi salah satu keunggulan Kabupaten Garut dalam kategori siaran pers ini, baik dari sisi pengemasan konten, nilai berita, PR values, teknik penulisan, estetika (tata letak dan desain), serta sebaran publikasi siaran pers.


Prosesi Malam Anugerah Media Humas (AMH) 2022, Ballroom Hotel Marriott Yogyakarta, Jalan Ring Road Utara, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis malqm (24/11/2022).  (Foto : Rahma/Diskominfo Garut & Dok. Kemenkominfo RI)

------------------------

Penulis : Muhamad Azi Zulhakim

Penyunting : Yanyan Agus Supianto




Komentar
Isi Komentar