Sabtu , April 20 2024

10 Ringgit Berapa Rupiah

10 Ringgit Berapa Rupiah?

Ringgit Malaysia (MYR) adalah mata uang resmi Malaysia. Rupiah Indonesia (IDR) adalah mata uang resmi Indonesia. Kedua mata uang tersebut sering diperdagangkan dalam pasar valuta asing (valas).

Nilai tukar ringgit Malaysia terhadap rupiah Indonesia dapat berubah setiap hari. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk kondisi ekonomi kedua negara, kebijakan moneter dari masing-masing bank sentral, dan sentimen investor terhadap kedua mata uang tersebut.

Berdasarkan data dari Bank Indonesia, nilai tukar ringgit Malaysia terhadap rupiah Indonesia pada tanggal 14 Desember 2023 adalah sebesar 33.160,10 rupiah per ringgit. Artinya, 10 ringgit Malaysia setara dengan 331.601 rupiah Indonesia.

Nilai tukar ringgit Malaysia terhadap rupiah Indonesia telah mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir. Pada tanggal 14 Desember 2019, nilai tukar ringgit Malaysia terhadap rupiah Indonesia masih sebesar 3.800 rupiah per ringgit. Artinya, nilai tukar ringgit Malaysia terhadap rupiah Indonesia telah turun sekitar 85% dalam empat tahun terakhir.

Penurunan nilai tukar ringgit Malaysia terhadap rupiah Indonesia disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Depresiasi nilai tukar ringgit Malaysia terhadap dolar Amerika Serikat (USD).
  • Ketidakstabilan politik di Malaysia.
  • Pandemi COVID-19 yang telah berdampak negatif terhadap perekonomian Malaysia.

Penurunan nilai tukar ringgit Malaysia terhadap rupiah Indonesia dapat menguntungkan wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Malaysia. Wisatawan Indonesia dapat membeli barang dan jasa di Malaysia dengan harga yang lebih murah.

Namun, penurunan nilai tukar ringgit Malaysia terhadap rupiah Indonesia juga dapat merugikan eksportir Indonesia yang mengekspor barang ke Malaysia. Eksportir Indonesia harus menerima pembayaran dalam ringgit Malaysia yang lebih sedikit.

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Nilai Tukar Ringgit Malaysia terhadap Rupiah Indonesia

Nilai tukar ringgit Malaysia terhadap rupiah Indonesia dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain:

  • Kondisi ekonomi kedua negara

Kondisi ekonomi kedua negara, seperti pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan tingkat suku bunga, dapat memengaruhi nilai tukar ringgit Malaysia terhadap rupiah Indonesia. Jika kondisi ekonomi Malaysia lebih baik daripada kondisi ekonomi Indonesia, maka nilai tukar ringgit Malaysia terhadap rupiah Indonesia cenderung akan menguat.

  • Kebijakan moneter dari masing-masing bank sentral

Kebijakan moneter dari masing-masing bank sentral, seperti suku bunga acuan, dapat memengaruhi nilai tukar ringgit Malaysia terhadap rupiah Indonesia. Jika bank sentral Malaysia menaikkan suku bunga acuan, maka nilai tukar ringgit Malaysia terhadap rupiah Indonesia cenderung akan menguat.

  • Sentimen investor terhadap kedua mata uang tersebut

Sentimen investor terhadap kedua mata uang tersebut, seperti ekspektasi terhadap pertumbuhan ekonomi dan inflasi, dapat memengaruhi nilai tukar ringgit Malaysia terhadap rupiah Indonesia. Jika investor memiliki ekspektasi yang positif terhadap perekonomian Malaysia, maka nilai tukar ringgit Malaysia terhadap rupiah Indonesia cenderung akan menguat.

Tips Mengubah Ringgit Malaysia ke Rupiah Indonesia

Ada beberapa cara untuk mengubah ringgit Malaysia ke rupiah Indonesia, antara lain:

  • Di bank

Cara yang paling umum untuk mengubah ringgit Malaysia ke rupiah Indonesia adalah di bank. Bank-bank di Indonesia biasanya menawarkan kurs yang kompetitif untuk penukaran mata uang.

  • Di money changer

Money changer adalah tempat yang khusus menjual dan membeli mata uang asing. Kurs yang ditawarkan oleh money changer biasanya lebih tinggi daripada kurs yang ditawarkan oleh bank.

  • Di online

Saat ini, ada banyak situs web yang menawarkan layanan penukaran mata uang secara online. Kurs yang ditawarkan oleh situs web online biasanya lebih kompetitif daripada kurs yang ditawarkan oleh bank atau money changer.

Kesimpulan

Nilai tukar ringgit Malaysia terhadap rupiah Indonesia dapat berubah setiap hari. Oleh karena itu, penting untuk selalu mengecek kurs terkini sebelum melakukan transaksi mata uang.