Doa Pembukaan Majelis

Doa Pembukaan Majelis: Makna dan Keutamaannya

Doa pembuka majelis adalah doa yang dibaca ketika hendak memulai sebuah pertemuan atau majelis. Majelis dalam hal ini dapat diartikan sebagai tempat duduk, namun dalam konteks Islam, majelis biasanya mengacu pada pertemuan yang bertujuan untuk mencari ilmu, seperti pengajian, kajian agama, atau forum diskusi.

Doa pembuka majelis memiliki beberapa makna dan keutamaan. Pertama, doa ini merupakan bentuk permohonan kepada Allah SWT agar majelis yang akan dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar dan bermanfaat. Kedua, doa ini juga merupakan bentuk upaya untuk memohon keselamatan dan perlindungan dari Allah SWT bagi para peserta majelis. Ketiga, doa ini juga merupakan bentuk upaya untuk memohon bimbingan dan petunjuk dari Allah SWT agar majelis yang akan dilaksanakan dapat berjalan sesuai dengan tuntunan agama.

Bentuk Doa Pembukaan Majelis

Doa pembuka majelis dapat dibaca dalam berbagai bentuk, baik dalam bahasa Arab maupun bahasa Indonesia. Beberapa bentuk doa pembuka majelis yang umum dibaca antara lain:

  • Doa pembuka majelis yang diajarkan oleh Rasulullah SAW

Berikut adalah doa pembuka majelis yang diajarkan oleh Rasulullah SAW:

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي هَدَانَا لِهَذَا وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلَا أَنْ هَدَانَا اللَّهُ لَقَدْ جَاءَتْ رُسُلُ رَبِّنَا بِالْحَقِّ

Alhamdulillahil ladzi hadaana li haza wa maa kunna linahtadiya law la an hadaanalloha laqad jaat rasuluna bilhaqqi

Artinya:

"Segala puji bagi Allah yang telah memberi petunjuk kepada kami untuk (melakukan) ini, dan kami tidak akan mendapat petunjuk jika Allah tidak memberi petunjuk kepada kami. Sungguh, telah datang rasul-rasul Tuhan kami dengan membawa kebenaran."

Doa ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam kitab Shahihnya. Doa ini dibaca untuk memohon kepada Allah SWT agar majelis yang akan dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar dan bermanfaat.

  • Doa pembuka majelis yang disusun oleh para ulama

Selain doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, terdapat pula doa pembuka majelis yang disusun oleh para ulama. Doa-doa ini biasanya lebih panjang dan berisi permohonan yang lebih lengkap, seperti permohonan untuk keselamatan, perlindungan, bimbingan, petunjuk, dan lain-lain.

Berikut adalah contoh doa pembuka majelis yang disusun oleh para ulama:

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ هَذَا الْمَجْلِسَ مَجْلِسَ تَوْبَةٍ وَإِنْدَابَةٍ وَعَمَلٍ صَالِحٍ وَتَوْفِيقٍ وَرِضْوَانٍ

Allahumma j’al hadzal majelisa majelisan taubatin wa indabati wa amali shalihan wa taufiqin wa ridhwanin

Artinya:

"Ya Allah, jadikanlah majelis ini sebagai majelis taubat, inabah, amal saleh, taufik, dan ridha."

Doa ini diriwayatkan oleh Imam Nawawi dalam kitab Al-Adzkar. Doa ini dibaca untuk memohon kepada Allah SWT agar majelis yang akan dilaksanakan dapat menjadi sarana untuk mempertebal keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, serta menjadi sarana untuk meraih ridha Allah SWT.

Keutamaan Doa Pembukaan Majelis

Doa pembuka majelis memiliki beberapa keutamaan, antara lain:

  • Mendapatkan keberkahan dari Allah SWT

Doa pembuka majelis merupakan bentuk permohonan kepada Allah SWT agar majelis yang akan dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar dan bermanfaat. Jika majelis tersebut diawali dengan doa, maka majelis tersebut akan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

  • Mendapat keselamatan dan perlindungan dari Allah SWT

Doa pembuka majelis juga merupakan bentuk permohonan kepada Allah SWT agar para peserta majelis mendapatkan keselamatan dan perlindungan dari Allah SWT. Dengan demikian, para peserta majelis akan terhindar dari segala marabahaya dan gangguan selama mengikuti majelis tersebut.

  • **Mendapat bimbingan dan

Check Also

Apa arti dan makna dari kata Bravo?

Kata “bravo” adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Italia yang berarti “bagus” atau “hebat”. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *